RADIO MITRA 97.0 FM KOTA WISATA BATU | INSPIRASI KELUARGA ANDA | Interaktif | Telp 0341-597 440 | SMS dan WhatsApp 081 333 74 9797 | Facebook: Radio Mitra 97.0 FM | Twitter: @mitra97fm | Instagram: @radiomitra97fm | Alamat: Jalan Wukir no.4 Temas - Kec. Batu - Kota Wisata Batu - Malang - Jawa Timur - Indonesia | www.mitrafm.com |

Mitra Update
Home » Catatan Siar » Golongan Orang-Orang Yang Dilaknat

Golongan Orang-Orang Yang Dilaknat

MitraFM.com– Betapa buruknya keadaan orang-orang yang dilaknat oleh Allah dan Rasul-Nya. Pasti mereka termasuk orang yang merugi dan celaka. Maka, jauhilah semua sifat yang mengundang laknat atasnya.

Terdapat berbagai keterangan disebutkan dalam banyak hadits tentang orang-orang yang mendapat laknat dari Allah dan rasulNya karena melakukan hal-hal yang telah dilarang diantaranya :

Menyembelih untuk Tumbal

Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam pernah bersabda: “Allah melaknat siapa saja yang melakukan sembelihan (tumbal) pada selain Allah (menyebut nama selain Allah). Allah melaknat orang yang melindungi pelaku maksiat. Allah melaknat orang yang melaknat orang tuanya. Allah melaknat orang yang mengubah batas tanah.” (HR. Muslim)

Golongan berikutnya yang dilaknat adalah orang yang melaknat orangtuanya.

Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda: “Sesungguhnya di antara dosa besar adalah seseorang mencela kedua orang tuanya.” Lalu ada yang berkata, “Wahai Rasulullah, bagaimana seseorang bisa mencela kedua orang tuanya.” Beliau shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, “Seseorang mencela ayah orang lain, lalu orang lain tersebut mencela ayahnya. Dan seseorang mencela ibu orang lain, lalu orang lain tersebut mencela ibunya.” (HR. Al Bukhari)

Golongan yang juga dilaknat Rasulullah adalah para peminum khamer dan yang terlibat didalamnya.

Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam melaknat dalam khamer sepuluh hal: (1) yang memerasnya, (2) yang mengambil hasil perasannya, (3) yang meminumnya, (4) yang mendistribusikannya, (5) yang memesannya, (6) yang menuangkannya, (7) yang menjualnya, (8) yang memakan hasil penjualannya, (9) yang membeli secara langsung, dan (10) yang membelikan untuk yang lainnya.” (HR. Tirmidzi)

Selanjutnya, golongan yang dilaknat oleh Rasulullah adalah para pemakan riba. Orang-orang yang memakan riba dan yang terkait dengannya, semua dilaknat.

Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam melaknat pemakan riba, yang menyetorkan riba, pencatat transaksi riba dan dua orang saksi dalam transaksi riba.” Beliau mengatakan, “Mereka semua sama (berdosaa).” (HR. Muslim)

Di dalam hadits yang lain juga disebutkan orang yang mendapat laknat adalah pata penyuap dan yang menerima suap.

Rasulullah shallallahu alaihi wa sallam melaknat orang yang memberi suap dan yang menerima suap.” (HR. Ibnu Majah)

Demikian pula dengan orang yang menyerupai lawan jenis, yang bertato dan menyambung rambut.

Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam melaknat laki-laki yang menyerupai wanita dan wanita yang menyerupai laki-laki.” (HR. Al Bukhari)

Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda: “Allah melaknat perempuan yang menyambung rambut, perempuan yang meminta disambungkan rambutnya, begitu pula perempuan yang membuat tato dan yang meminta dibuatkan tato.” (HR. Al Bukhari)

Jauhi selalu semua perilaku yang mengundang laknat agar diri tidak celaka. Semoga Allah berikan kepada kita taufik dan hidayah-Nya. Wallahu a’lam

Baca Juga

Geliatkan Ekonomi Produktif Pesantren

Geliatkan Ekonomi Produktif Pesantren

MitraFM.com – Geliatkan Ekonomi Produktif Pesantren. Tantangan yang sangat kasat mata bagi umat Islam saat ini adalah ...