RADIO MITRA 97.0 FM KOTA WISATA BATU | INSPIRASI KELUARGA ANDA | Interaktif | Telp 0341-597 440 | SMS dan WhatsApp 081 333 74 9797 | Facebook: Radio Mitra 97.0 FM | Twitter: @mitra97fm | Instagram: @radiomitra97fm | Alamat: Jalan Wukir no.4 Temas - Kec. Batu - Kota Wisata Batu - Malang - Jawa Timur - Indonesia | www.mitrafm.com |

Mitra Update
Home » Catatan Siar » Golongan Yang Dibangunkan Rumah di Surga

Golongan Yang Dibangunkan Rumah di Surga

MitraFM.com– Rumah di dunia, pasti kelak akan ditinggalkan. Punya rumah di surga, itulah sebaik-baik rumah idaman orang-orang beriman. Ingin punya rumah di surga?

Terdapat beberapa amalan yang telah dijanjikan ganjarannya berupa dibangunkan rumah di surga bagi orang-orang yang menegakkannya diantaranya:

Membangun Masjid Karena Allah

Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, “Siapa yang membangun masjid karena Allah walaupun hanya selubang tempat burung bertelur atau lebih kecil, maka Allah bangunkan baginya (rumah) seperti itu pula di surga.” (HR. Ibnu Majah)

Jika ingin dibangunkan rumah di Surga jangan sepelekan membaca al ikhlas. Membaca surat al ikhlas sepuluh kali balasannya adalah dibangunkan rumah di surga.

Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, “Siapa yang membaca qul huwallahu ahad sampai ia merampungkannya (surat Al-Ikhlas, pen.) sebanyak sepuluh kali, maka akan dibangunkan baginya rumah di surga.” (HR. Ahmad)

Selanjutnya, satu amalan yang akan diganjar dengan dibangunkan rumah di surga adalah mengerjakan shalat dhuha 4 raka’at.

Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, “Siapa yang shalat Dhuha empat raka’at dan shalat sebelum Zhuhur empat raka’at, maka dibangunkan baginya rumah di surga.” (HR. Ath-Thabrani)

Janji balasan dibangunkan rumah di surga juga akan diberikan kepada orang-orang yang istiqamah mengarjakan shalat sunnah rawatib sebanyak 12 raka’at.

Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, “Barangsiapa merutinkan shalat sunnah dua belas raka’at dalam sehari, maka Allah akan membangunkan bagi dia sebuah rumah di surga. Dua belas raka’at tersebut adalah empat raka’at sebelum  zhuhur, dua raka’at sesudah zhuhur, dua raka’at sesudah maghrib, dua raka’at sesudah ‘Isya, dan dua raka’at sebelum shubuh.” (HR. Tirmidzi)

Begitu pula dengan orang yang meninggalkan debat, dusta dan berakhlak mulia, mereka akan diberikan balasan rumah di surga. Rasulullah shallalu’alaihi wa sallam, “Aku memberikan jaminan rumah di pinggiran surga bagi orang yang meninggalkan perdebatan walaupun dia orang yang benar. Aku memberikan jaminan rumah di tengah surga bagi orang yang meninggalkan kedustaan walaupun dalam bentuk candaan. Aku memberikan jaminan rumah di surga yang tinggi bagi orang yang bagus akhlaknya.” (HR. Abu Dawud)

Dan beruntunglah orang yang mengucapkan Alhamdulillah dan Istirja’, baginya akan dibangunkan rumah di surga.  Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, “Apabila anak seorang hamba meninggal dunia, Allah berfirman kepada malaikat-Nya, “Kalian telah mencabut nyawa anak hamba-Ku?” Mereka berkata, “Benar.” Allah berfirman, “Kalian telah mencabut nyawa buah hatinya?” Mereka menjawab, “Benar.” Allah berfirman, “Apa yang diucapkan oleh hamba-Ku saat itu?” Mereka berkata, “Ia memujimu dan mengucapkan istirja’ (innaa lilaahi wa innaa ilaihi raaji’uun).” Allah berfirman, “Bangunkan untuk hamba-Ku di surga, dan namai ia dengan nama baitul hamdi (rumah pujian).” (HR. Tirmidzi)

Demikianlah amalan-amalan yang pelakunya dibalas dengan dibangunkan rumah di surga. Mana diantara amalan tersebut yang sudah kita rutinkan? Wallahu a’lam

Baca Juga

Geliatkan Ekonomi Produktif Pesantren

Geliatkan Ekonomi Produktif Pesantren

MitraFM.com – Geliatkan Ekonomi Produktif Pesantren. Tantangan yang sangat kasat mata bagi umat Islam saat ini adalah ...