RADIO MITRA 97.0 FM KOTA WISATA BATU | INSPIRASI KELUARGA ANDA | Interaktif | Telp 0341-597 440 | SMS dan WhatsApp 081 333 74 9797 | Facebook: Radio Mitra 97.0 FM | Twitter: @mitra97fm | Instagram: @radiomitra97fm | Alamat: Jalan Wukir no.4 Temas - Kec. Batu - Kota Wisata Batu - Malang - Jawa Timur - Indonesia | www.mitrafm.com |

Mitra Update
Home » Parenting » Anak » Anak Nakal

Anak Nakal

 MitraFM.com– “Kakaaak, kenapa pukul adik siih ?”

“Kamu berantem lagi dengan teman ?”

“Kenapa belum mandi, bunda kan menyuruh kamu dari tadi, kenapa sekarang kamu tak patuh ? ini sudah jam berapa, ayo cepat nanti kesiangan”

 “Ya ampuuun, ini kan… handphone Ayah kenapa kamu lempar ?”

Bayi yang dulu lucu dan mengemaskan, semakin besar…semakin besar pula ‘ide’ nya membuat beragam polah yang bila kita sebagai orang tua tak mengerti maka makin hari makin membuat konflik antara anak dan orang tua.

Bermula dari ingin memperbaiki prilaku anak dan berniat demi kebaikan anak, orang tua terpaksa menghujani anak dengan kata-kata larangan dan teguran. Berawal dari “hati-hatiiii !, awas!, jangan!” kemudian meningkat menjadi“aduh, ya ampun”, dan bertambah meningkat lagi menjadi…”duuuh tobat nih anak, maunya apa sih”. ^_^

‘Menyelesaikan’ masalah dengan amarah, teriakan, bentakan dan ancaman dalam jangka panjang akan berdampak pada perkembangan kecerdasan emosional anak, tentu saja hal ini tak diharapkan oleh semua orang tua. Kekeliruan dalam pola asuh ketika kecil akan berdampak pada pembentukan karakter ketika si anak dewasa kelak.

Ayah dan Bunda…bila sepakat terlebih dahulu kita ubah kata ‘nakal’ ini untuk anak kita, tidak ada kata itu, yang ada adalah prilaku yang buruk atau kurang baik. Prilaku buruk itu bisa ada dan dilakukan ananda karena beberapa sebab:

  1. ‘Tangki Cinta Anak’ Debitnya Berkurang,artinya ketika anak berpisah dengan orang tua baik karena orang tua bekerja atau sibuk mengerjakan pekerjaan rumah tangga , disitulah anak meminta debit cintanya diisi atau dengan kata lain meminta ‘perhatian’. Anak akan merasa kurang perhatian bila waktu bersama ayah bundanya semakin sedikit (termasuk didalamnya sibuknya orang tua dengan Gadget ketika dirumah…setuju?) Berilah pelukan, temanilah bermain, atau mendengarkan celoteh ananda tentang teman-temannya atau kejadian apapun yang ingin dia ceritakan.

 

  1. “Tangki Cinta Anak” Terbagi,artinya anak merasa perhatian ayah bunda dan keluarga teralih pada adik bayi yang baru hadir, berempatilah dengan suara hatinya, ajaklah berkomunikasi bukan memarahinya ketika ananda marah. Pastikan adik bayi bukan ‘ancaman’ kasih sayang orang tua berkurang padanya.

 

  1. “Tangki Cinta Anak” Terisi Air Keruh, artinya sikap buruknya akibat pengaruh film yang yang sering ditontonnya atau bercermin perilaku orang tua dan lingkungan. Bila anak reaktif dan bersikap agresif kepada saudara atau temannya, mungkinkah ananda meniru kebiasaan orang tua dalam memperlakukan anak-anaknya. Bila anak Cara efektif adalah bahwa informasi diterima sesuai dengan ‘learning style’ nya. Lantas bagaimana kita bisa memahami ‘gaya belajar’ anak kita ?

 

  1. Suka bertengkar dengan teman-temannya, apakah itu karena ananda meniru kita sebagai orang tua yang sering bertengkar di depan anak? Bila demikian ,ananda sedang memperingatkan kita untuk bersegera memperbaiki diri dan lebih bijak dalam menyelesaikan konflik dengan pasangan kita dan segera menyeleksi dahulu film atau tontonan lalu dampingilah. Saringlah penglihatan, pendengaran anak dan ‘isilah tangki cinta anak’ dengan ‘air jernih’.

 

  1. Orang tua belum mengetahui cara efektif mengisi “Tangki Cinta Anak”artinya orang tua tak paham cara memberikan informasi, aturan atau perintah yang efektif pada anak. Sehingga terkesan ananda tak patuh atau membangkang, nyatanya anak bisa jadi tak paham yang dimaksud orang tua atau ananda cepat lupa apa yang diperintahkan.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Baca Juga

Pengobatan Gratis & Sembako Warga Negeri di Atas Awan

Pengobatan Gratis & Sembako Warga Negeri di Atas Awan

MitraFM.com – Pengobatan Gratis & Sembako Warga Negeri di Atas Awan. Baitul Maal Hidayatullah (BMH) terus bergerak ...