RADIO MITRA 97.0 FM KOTA WISATA BATU | INSPIRASI KELUARGA ANDA | Interaktif | Telp 0341-597 440 | SMS dan WhatsApp 081 333 74 9797 | Facebook: Radio Mitra 97.0 FM | Twitter: @mitra97fm | Instagram: @radiomitra97fm | Alamat: Jalan Wukir no.4 Temas - Kec. Batu - Kota Wisata Batu - Malang - Jawa Timur - Indonesia | www.mitrafm.com |

Home » Catatan Siar » Keutamaan Dzikrullah atau Mengingat Allah

Keutamaan Dzikrullah atau Mengingat Allah

MitraFM.com– Dzikrullah atau mengingat Allah memiliki banyak keutamaan. Setiap orang yang berdzikir dengan ikhlas dan benar insya Allah akan mendapat keutamaan-keutamaan tersebut. Di dalam al Qur’an dan Sunnah disebutkan begitu banyak keutamaan dzikrullah diantaranya :

Dzikir Melahirkan Ampunan dan Pahala Besar

Allah ‘Azza wa Jalla berfirman : “Orang-orang yang banyak berdzikir kepada Allah, lelaki maupun perempuan, maka Allah sediakan untuk mereka ampunan dan pahala yang sangat besar.” (QS. al-Ahzab: 35)

Dzikir Menjadikan dekat (diingat/ ditolong) Allah

Allah ta’ala berfirman (yang artinya), “Maka ingatlah kalian kepada-Ku, niscaya Aku pun akan mengingat kalian.” (QS. al-Baqarah: 152)

Dzikir Menentramkan Hati

Allah ta’ala berfirman (yang artinya), “Ingatlah, dengan mengingat Allah maka hati akan menjadi tentram.” (QS. ar-Ra’d: 28)

Dzikir Menjauhkan Diri dari Setan

Allah ta’ala berfirman (yang artinya), “Barangsiapa yang berpaling dari mengingat ar-Rahman maka akan Kami jadikan setan sebagai pendamping yang selalu menemaninya.” (QS. az-Zukhruf: 36)

Dzikir Mengantarkan Ikhlas

Allah ta’ala berfirman (yang artinya), “Sesungguhnya orang-orang munafik itu berusaha mengelabui Allah, sedangkan Allah justru mengelabui mereka. Apabila mereka berdiri untuk sholat maka mereka berdiri dengan penuh kemalasan, mereka mencari-cari pujian manusia, dan mereka sama sekali tidak mengingat Allah kecuali sedikit.” (QS. an-Nisaa’: 142)

Dzikir Menghidupkan Hati

Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, “Perumpamaan orang yang mengingat Rabbnya (Allah) dengan orang yang tidak mengingat Rabbnya, seperti perumpamaan orang yang hidup dengan orang yang sudah mati.” (HR. Bukhari)

Dzikir Melahirkan Perlindungan Allah di Hari kiamat

Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, “Ada tujuh golongan yang mendapatkan naungan Allah pada hari kiamat… di antaranya adalah seorang lelaki yang mengingat Allah dalam keadaan sepi, kemudian meneteslah air matanya.” (HR. Bukhari dan Muslim)

Raih kemuliaan dan keutamaan dzikir kepada Allah dengan memperbanyak melakukannya. Terutama di waktu-waktu tertentu yang telah disebutkan dan dicontohkan oleh rasulullah pelaksanaannya misalnya dzikir selepas shalat atau dzikir pagi dan patang. Wallahu a’lam

 

 

 

 

 

 

 

 

 

(23)

Baca Juga

Syahidah Pertama, Sumayyah binti Khayyat

MitraFM.com– Tauhidnya begitu teguh, sekeras baja.  Cahaya iman di hatinya tak pernah redup. Ia rela ...