RADIO MITRA 97.0 FM KOTA WISATA BATU | INSPIRASI KELUARGA ANDA | Interaktif | Telp 0341-597 440 | SMS dan WhatsApp 081 333 74 9797 | Facebook: Radio Mitra 97.0 FM | Twitter: @mitra97fm | Instagram: @radiomitra97fm | Alamat: Jalan Wukir no.4 Temas - Kec. Batu - Kota Wisata Batu - Malang - Jawa Timur - Indonesia | www.mitrafm.com |

Home » Catatan Siar » Cara Mendidik Anak Menjadi Entrepreuner di Masa Depan

Cara Mendidik Anak Menjadi Entrepreuner di Masa Depan

MitraFM.com– Orang tua memiliki peran yang sangat penting dalam mengantarkan anak menuju masa depannya, karena anak bagaikan kertas kosong saat dia lahir, dan orang tua berperan mengisinya dengan hal terbaik. Begitu juga jika orang tua ingin mendidik anak mereka agar menjadi seorang entrepreneur di masa depan. Berikut kita akan bocorkan beberapa cara dalam mendidik anak agar ia memiliki jiwa sebagai seorang entrepreneur sejak kecil.

Ajarkan untuk membeli segala sesuatu sesuai kebutuhan saja

Banyak keinginan anak yang akan diajukan pada orang tuanya, namun orang tua wajib menyaringnya dan tidak membelikan semua yang mereka inginkan.

Tetapi ajarkan anak-anak sejak kecil untuk membeli apa yang mereka butuhkan saja. Jadi, semisalnya anak-anak menginginkan pakaian mahal, peralatan elektronik sebagai media hiburan, cobalah untuk menanyakan kembali alasan mereka meminta itu, dan lihatlah apakah mereka benar-benar membutuhkannya atau hanya sebatas keinginan saja.

Karena sejak kecil mereka juga harus bisa membedakan mana yang keinginan dan mana yang kebutuhan dan harus dipenuhi.

Jangan sampai anak-anak tumbuh dengan hal-hal yang hanya diinginkannya saja, tetapi tidak dibutuhkan. Agar anak kelak bisa menjadi seseorang yang hemat dan tahu bagaimana menggunakan uang.

Selalu memberinya kesempatan untuk berusaha lebih

Ajarkan anak untuk bersabar dan mau berusaha. Dan saat anak-anak sudah mau memilih untuk bersabar sejenak, kemudian berusaha mendapatkan yang lebih baik, orang tua bisa membantu mereka dengan berbagai cara, namun dilakukan secara diam-diam agar anak tidak justru menjadi tergantung pada orang tua.

Pupuk jiwa kepemimpinan dalam diri mereka

Selain mereka dirancang untuk menjadi seseorang yang berjiwa bisnis dan pengusaha yang sukses, inti dari sebuah pendidikan kewirausahaan pada dasarnya adalah kepemimpinan. Maka dari itu, sebagai orang tua kita harus bisa memupuk jiwa kepemimpinan pada anak sedini mungkin. Orang tua juga bisa membantunya mengembangkan jiwa kepemimpinan dengan beragam cara, misalnya dengan membiarkannya mengambil keputusan-keputusan, membiarkannya menjadi leader di saat acara kumpul-kumpul keluarga, dan banyak lagi yang bisa dimediakan. Selalu berusaha menanyakan saran dan pendapat anak juga sangat penting, agar ia bisa merasa bahwa anak juga memiliki peran di keluarga.

Di samping jiwa kepemimpinan yang harus dipupuk, jiwa mau berbagi, si Kecil juga perlu dilatih, agar ia bisa mengomunikasikan apa yang ada di pikirannya dengan baik. Karena itulah, sebagai orang tua jangan ragu untuk selalu mengajaknya mengobrol, tanyakan bagaimana perasaannya, apa yang dipikirkannya, dan apa idenya.

Biarkan anak-anak bermain

Jangan pernah menjauhkannya dari permainan dan bermain, karena usia anak-anak memang usianya untuk bermain. Karena melalui hal itu anak-anak akan belajar mengenai kehidupan secara lebih mudah. Jika dia suka main games, maka akan lebih baik baginya untuk memainkan games-games yang dapat mendukung perkembangan jiwa kewirausahaannya. Semisalnya saja permainan Monopoli, yang dapat mengajarkan dasar-dasar investasi real estate.

 

 

Baca Juga

Syahidah Pertama, Sumayyah binti Khayyat

MitraFM.com– Tauhidnya begitu teguh, sekeras baja.  Cahaya iman di hatinya tak pernah redup. Ia rela ...