RADIO MITRA 97.0 FM KOTA WISATA BATU | INSPIRASI KELUARGA ANDA | Interaktif | Telp 0341-597 440 | SMS dan WhatsApp 081 333 74 9797 | Facebook: Radio Mitra 97.0 FM | Twitter: @mitra97fm | Instagram: @radiomitra97fm | Alamat: Jalan Wukir no.4 Temas - Kec. Batu - Kota Wisata Batu - Malang - Jawa Timur - Indonesia | www.mitrafm.com |

Home » Catatan Siar » Penghalang-Penghalang Terkabulnya Doa

Penghalang-Penghalang Terkabulnya Doa

MitraFM.com– Allah SWT berjanji bahwa setiap doa seorang hamba akan dikabulkan-Nya.

Allah berfirman: “Berdoalah kepada-Ku, niscaya akan Kuperkenankan bagimu. Sesungguhnya orang-orang yang menyombongkan diri dari menyembah-Ku akan masuk neraka Jahannam dalam keadaan hina dina.” (QS. Al-Mukmin : 60)

Meskipun  Allah menjamin terkabulnya doa,  tetapi  ada beberapa sikap manusia yang menghalangi terkabulnya doa. Sikap-sikap yang menjadi penghalang-penghalang terkabulnya doa antara lain :

Mengonsumsi Makanan Minuman Haram dan Berpakaian dari Hasil Haram

Nabi shallallaahu ‘alaihi wa sallam menceritakan seorang laki-laki yang melakukan perjalanan jauh, rambutnya kusut dan berdebu lalu menengadahkan kedua tangannya ke langit seraya berkata : ”Ya Rabb..ya Rabb…,” sedangkan makanannya haram, minumannya haram, pakaiannya dari yang haram, dicukupi dari yang haram, maka bagaimana mungkin dikabulkan doanya?”  (HR. Muslim)

Ingin Cepat Terkabul  dan Putus Asa

Rasulullah bersabda: “Senantiasa doa seorang hamba akan dikabulkan selama ia tidak berdoa untuk berbuat dosa atau memutuskan silaturahim, dan selama ia tidak meminta dengan tergesa-gesa (isti’jal)”. Ada yang bertanya : “Ya Rasulullah, apa itu isti’jal ?”. Jawab beliau : “Jika seseorang berkata : ‘Aku sudah berdoa, memohon kepada Allah, tetapi Dia belum mengabulkan doaku’. Lalu ia merasa putus asa dan akhirnya meninggalkan doanya tersebut”  (HR. Muslim)

Meninggalkan Kewajiban

Rasulullah shallallaahu ‘alaihi wa sallam bersabda : “Demi Dzat yang jiwaku di tangan-Nya, hendaklah kalian menyuruh yang ma’ruf dan mencegah kemungkaran atau (kalau tidak kalian lakukan) maka pasti Allah akan menurunkan siksa kepada kalian, hingga kalian berdoa kepada-Nya, tetapi tidak dikabulkan.” (HR.  Ahmad)

Tidak Bersungguh-sungguh

Rasulullah shallallaahu ‘alaihi wa sallam bersabda :  “Apabila seseorang dari kamu berdoa dan memohon kepada Allah, janganlah ia mengucapkan : ‘Ya Allah, ampunilah dosaku jika Engkau kehendaki, sayangilah aku jika Engkau kehendaki, dan berilah rizki jika engkau kehendaki ‘. Akan tetapi, ia harus bersungguh-sungguh dalam berdoa. Sesungguhnya Allah berbuat menurut apa yang Ia kehendaki dan tidak ada yang memaksa-Nya.” (HR. Bukhari )

Lalai dan Tidak Khusyu’

Rasulullah shallallaahu ‘alaihi wasallam bersabda :  “Berdoalah kepada Allah dan kamu yakin akan dikabulkan. Ketahuilah bahwa Allah tidak akan mengabulkan doa orang yang hatinya lalai dan tidak khusyu’ “ (HR. Tirmidzi )

Semestinya kita berupaya untuk menjauhi sikap-sikap yang menghalangi terkabulnya doa-doa. Sungguh, Allah telah berjanji akan mengabbulkan segala doa. Dan janji Allah itu pasti! Semoga sikap-sikap kita tidak menghalangi terkabulnya doa-doa. Wallahu ‘alam.

Baca Juga

Syahidah Pertama, Sumayyah binti Khayyat

MitraFM.com– Tauhidnya begitu teguh, sekeras baja.  Cahaya iman di hatinya tak pernah redup. Ia rela ...