RADIO MITRA 97.0 FM KOTA WISATA BATU | INSPIRASI KELUARGA ANDA | Interaktif | Telp 0341-597 440 | SMS dan WhatsApp 081 333 74 9797 | Facebook: Radio Mitra 97.0 FM | Twitter: @mitra97fm | Instagram: @radiomitra97fm | Alamat: Jalan Wukir no.4 Temas - Kec. Batu - Kota Wisata Batu - Malang - Jawa Timur - Indonesia | www.mitrafm.com |

Mitra Update
Home » Catatan Siar » Cara Mengolah Daging Kambing Agar Empuk dan Tidak Bau

Cara Mengolah Daging Kambing Agar Empuk dan Tidak Bau

MitraFM.com– Sudah pasti saat merayakan Idul Adha, kita, para bunda umumnya akan dihadapkan pada olahan daging kambing. Tapi seringkali membuat masakan dengan bahan daging kambing menjadi momok bagi kita. Berbagai kendala saat memasak daging kambing, misal daging  nggak empuk, bau prengus yang tajam dan bingung  mengolahnya sehingga kurang variatif untuk membuat daging kambing menjadi menu favorit keluarga. Mengolah daging kambing agar empuk dan tidak berbau memang  ada trik khusus, Bunda! Inilah tips menghilangkan bau prengus daging kambing dan juga membuatnya jadi empuk, dan tidak alot.

SINGKIRKAN LEMAKNYA

Bau prengus pada daging kambing berasal dari lapisan lemak yang menempel di dagingnya. Anda bisa membuang lemak berlebih pada daging kambing dengan mengirisnya.

JANGAN DICUCI

Berbeda dengan daging lainnya yang harus dicuci sebelum dimasak. Daging kambing yang dicuci terlebih dahulu, tekstur dagingnya akan jadi lebih alot dan bau amisnya makin tajam. Sebaiknya, kamu langsung merebus daging kambing dengan keadaan tidak dicuci. Lalu buang air rebusannya.

TABURI GARAM

Jika sudah terlanjur dicuci, Anda bisa menaburkan garam pada daging kambing yang sudah dicuci untuk menetralisir darah yang menyebabkan bau. Garam dibalurkan ke seluruh permukaan daging kambing dan diamkan selama 1 jam.

AGAR DAGING KAMBING EMPUK

Daging kambing juga memiliki tekstur yang keras dan alot, sehingga bakal mengurangi kenikmatan saat memakannya jika tidak diolah dengan benar sampai empuk. Untuk membuat daging kambing empuk, kamu Andabisa menggunakan beberapa bahan di bawah ini:

1. NANAS

Bukan hanya enak dimakan, tapi ternyata nanas bisa digunakan untuk mengempukkan segala macam daging. Pertama-tama Anda harus memarut nanas terlebih dahulu lalu ambil airnya. Gunakan air nanas untuk merendam daging kambing yang sudah dipotong dan diamkan sekitar 30 menit.

2. JERUK NIPIS

Selain bisa mengempukkan daging kambing, jeruk nipis juga bisa menghilangkan bau prengus pada kambing. Anda tinggal mencampurkan air jeruk nipis secukupnya ke potongan daging kambing yang telah dibumbui. Kemudian diamkan sekitar 1 jam, barulah daging kambing bisa diolah sesuai selera.

3. DAUN PEPAYA

Selimuti daging kambing yang sudah dipotong dengan daun pepaya dan diamkan selama 30 menit. Setelah itu, baru deh Anda olah daging kambing sesuai selera.

Baca Juga

Waktu-waktu yang Mustajab

MitraFM.com– Manusia makhluk yang lemah. Ia tidak sanggup memikul beban hidupnya sendiri. Ia membutuhkan tempat ...