RADIO MITRA 97.0 FM KOTA WISATA BATU | INSPIRASI KELUARGA ANDA | Interaktif | Telp 0341-597 440 | SMS dan WhatsApp 081 333 74 9797 | Facebook: Radio Mitra 97.0 FM | Twitter: @mitra97fm | Instagram: @radiomitra97fm | Alamat: Jalan Wukir no.4 Temas - Kec. Batu - Kota Wisata Batu - Malang - Jawa Timur - Indonesia | www.mitrafm.com |

Home » Parenting » Anak » Cara Menanamkankan Adab Sejak Dini

Cara Menanamkankan Adab Sejak Dini

MitraFM.com– Apa yang ada pada benak kita saat melihat seorang anak yang lembut tutur katanya, sopan dan santun perilakunya, hormat dan patuh kepada orang tuanya, pandangannya tidak liar, wajahnya berseri-seri? tentu anak seperti ini membuat senang siapa saja yang melihat dan berjumpa dengannya. Pasti kita yakin bahwa ia adalah anak yang terdidik dengan baik dan mendapat bimbingan adab yang baik serta akhlak yang mulia. Pastinya setiap orang tua menginginkan anak yang demikian, anak-anak yang menjadi penyejuk hati.

Anak adalah anugerah Allah swt, tempat kita meneruskan cita-cita dan garis keturunan. Anak juga merupakan amanah yang paling berharga yang harus dijaga, dirawat dan di didik agar menjadi penyejuk hati. Oleh karena itu anak-anak harus mendapat utama agar mereka tumbuh menjadi generasi yang berkualitas. Mereka harus menjadi generasi yang memiliki kepribadian islam yang tangguh, yang selalu menjaga sikap dan prilakunya dengan baik.

Berikut kiat-kiat untuk menanamkan adab yang baik dan sopan santun  pada anak

  1. Tanamkanlah Akidah yang kuat pada anak.

Akidah yang kokoh akan menanamkan keyakinan bahwa sebagai hamba Allah kita wajib tunduk dan patuh pada ketetapan-Nya. Hanya Allah yang patut di imani dan di taati. Melalui pendekatan ini akan tertanam sikap keikhlasan dalam diri seseorang untuk berlaku sopan dan menghiasi diri dengan adab yang baik tersebut semata-mata karena Allah swt.

2. Tanamkan pemahaman bahwa adab dan sopan santun merupakan akhlak terpuji, yang merupakan bagian dari hukum syari’ah.

Dengan itu akan tertanam dalam diri anak, bahwa ketika ia menghiasi dirinya dengan adab dan sopan santun, maka perilakunya bernilaai pahala dan amal shalih. dari amal shalih ini akan diperoleh keridhaan Allah swt.

3. Ajarkanlah keteladanan Rasulullah saw dalam memelihara adab dan sopan santun.

Contohkanlah keteladanan nabi Muhammad saw, baik terhadap dirinya, seperti makan dengan tangan kanan dan tidak berdiri, cara berpakaian dan sebagainya. Demikian pula adab terhadap orang lain, seperti berkata-kata baik dan lemah lembut, tidak kasar, tidak menyela atau memotong pembicaraan orang lain, menghormati orang tua dan orang yang lebih tua, menyayangi yang lebih kecil, mendahulukan yang lebih tua dan sebagainya.

 4. Berilah keteladanan kepada anak dari orang tua dan orang-orang terdekat.

Upaya menanamkan sikap sopan santun hendaknya dimulai dari orang tua sendiri dengan menjadi contoh yang baik bagi anaknya. Bila orangtua kerap bersikap tidak sopan kepada anak atau orang lain, maka anak tidak akan pernah memahami nilai-nilai sopan santun itu. Anak akan meniru kebiasaan berbicara lingkungannya. Oleh karena itu, sebaiknya orang tua dan seluruh penghuni rumah menjaga sikap dan lisannya. Keteladanan juga akan memberikan lingkungan yang baik bagi anak sehingga anak akan lebih mudah menemukan pola kebiasaan berperilaku dan berbicara yang baik.

 5. Biasakanlah mengucapkan kalimat thayyibah.

Dengan kebiasaan ini anak tidak akan punya kesempatan untuk mengatakan kata-kata kotor dan sia-sia. Dari kalimat thayyibah yang biasa diajarkan misalnya ; kalimat bismillah untuk memulai setiap perbuatan baik, astaghfirullah bila anak melakukan kesalahan, subhanallah bila anak melihat pemandangan yang bagus, masya Allah jika mendapat sesuatu yang menakjubkan, innalillahi jika mendapat musibah, dan sebagainya. Selain kalimat thayyibah, biasakanlah sejak kecil anak mengungkapkan kata-kata sopan dalam berinteraksi dengan memberi contoh yang baik, misalnya menggunakan kata “tolong” saat meminta bantuan anak kita, “terimakasih” atau “jazakallah” saat dia sudah membantu kita, atau “maaf” saat kita berbuat salah kepada dia.

 

 



 

Baca Juga

Makanan Pokok untuk Suku Anak Dalam

Makanan Pokok untuk Suku Anak Dalam

MitraFM.com – Makanan Pokok untuk Suku Anak Dalam. Hidup seperti orang pada umumnya tentu pilihan yang tidak ...