RADIO MITRA 97.0 FM KOTA WISATA BATU | INSPIRASI KELUARGA ANDA | Interaktif | Telp 0341-597 440 | SMS dan WhatsApp 081 333 74 9797 | Facebook: Radio Mitra 97.0 FM | Twitter: @mitra97fm | Instagram: @radiomitra97fm | Alamat: Jalan Wukir no.4 Temas - Kec. Batu - Kota Wisata Batu - Malang - Jawa Timur - Indonesia | www.mitrafm.com |

Home » Catatan Siar » Keutamaan Memperbanyak Sujud

Keutamaan Memperbanyak Sujud

MitraFM.com– Memperbanyak sujud artinya memperbanyak shalat, yaitu shalat-shalat sunnah. Orang yang memperbanyak sujud akan memperoleh banyak keutamaan. Di antaranya dapat meninggikan derajat seseorang dan juga menghapuskan dosa-dosanya.

Ma’dan bin Abi Tholhah Al Ya’mariy, ia berkata, “Aku pernah bertemu Tsauban –bekas budak Rasulullahshallallahu ‘alaihi wa sallam-,  lalu aku berkata padanya, ‘Beritahukanlah padaku suatu amalan yang karenanya Allah memasukkanku ke dalam surga’.” Atau Ma’dan berkata, “Aku berkata pada Tsauban, ‘Beritahukan padaku suatu amalan yang dicintai Allah’.”

Ketika ditanya, Tsauban malah diam.

Kemudian ditanya kedua kalinya, ia pun masih diam. Sampai ketiga kalinya, Tsauban berkata, ‘Aku pernah menanyakan hal yang ditanyakan tadi pada Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam. Beliau bersabda,‘Hendaklah engkau memperbanyak sujud (perbanyak shalat) kepada Allah. Karena tidaklah engkau memperbanyak sujud karena Allah melainkan Allah akan meninggikan derajatmu dan menghapuskan dosamu’.” Lalu Ma’dan berkata, “Aku pun pernah bertemu Abu Darda’ dan bertanya hal yang sama. Lalu sahabat Abu Darda’ menjawab sebagaimana yang dijawab oleh Tsauban padaku.” (HR. Muslim)

Memperbanyak sujud akan mengantarkan ke Surga

Beliau shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda :  “Bantulah aku untuk mewujudkan keinginanmu (masuk surga) dengan banyak melakukan sujud.” (HR. Muslim)

Dalam hadits yang lain disebutkan, saat sujud doa-doa dikabulkan.

Diriwayatkan dari  Ibnu Abbas -radhiallahu anhuma- dia berkata: Rasulullah shallallahu’alaihiwasallam bersabda:  “Ketahuilah, sesungguhnya aku dilarang untuk membaca Al-Qur’an dalam keadaan ruku’ atau sujud. Adapun saat ruku’ maka agungkanlah Rabb Azza wa Jalla padanya, sedangkan saat sujud maka bersungguh-sungguhlah dalam doa, karena saat itu sangat layak dikabulkan untukmu.” (HR. Muslim)

Memperbanyak sujud akan memberi peneguhan seorang hamba. Dari bekas-bekas sujudnya kelak ia dikenali karena memancarkan cahaya putih.

Nabi saw bersabda :  “Setiap orang dari umatku pasti aku kenal pada hari kiamat kelak.” Para sahabat bertanya: “Wahai rasulullah, bagaimana engkau mengenal mereka, padahal mereka diantara banyak makhluk?” Sabdanya; “Bagaimana pendapatmu bila ditengah kumpulan kuda warna hitam terdapat seekor kuda yang terdapat warna putih cerah di dahinya? Bukankah engkau dapat mengenalinya?” Jawab mereka, “Ya”. Sabdanya, “Sesungguhnya pada hari itu umatku memancarkan cahaya putih di keningnya bekas sujud dan cahaya putih wajah, tangan, dan kakinya bekas wudhu.” (HR. Ahmad)

Kita akan memperoleh keutamaan yang sangat besar dengan sujud-sujud yang kita lakukan. Keuntungan besarnya kelak bekas sujud kita akan terbebas dari neraka sebagaimana disabdakan rasulullah Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam :

“Apabila Allah menghendaki ahli neraka diberi rahmat, Allah akan memerintahkan malaikat untuk mengeluarkan orang-orang yang menyembah kepada Allah, lalu mereka mengeluarkannya. Mereka dikenal karena adanya bekas sujud pada dahinya dan Allah mengharamkan (api) neraka memakan (membakar) tanda bekas sujud sehingga mereka dikeluarkan dari neraka. Semua anggota badan anak Adam akan dimakan oleh (api) neraka, kecuali tanda bekas sujud.” (HR. al Bukhari Muslim)

Begitu banyak keutamaan memperbanyak sujud atau memperbanyak shalat-shalat sunnah. Semoga Allah mudahkan kita menjadi hamba-Nya yang banyak sujud dan meraih kemuliaan dengannya. Wallahu a’lam

Baca Juga

Makanan Pokok untuk Suku Anak Dalam

Makanan Pokok untuk Suku Anak Dalam

MitraFM.com – Makanan Pokok untuk Suku Anak Dalam. Hidup seperti orang pada umumnya tentu pilihan yang tidak ...