RADIO MITRA 97.0 FM KOTA WISATA BATU | INSPIRASI KELUARGA ANDA | Interaktif | Telp 0341-597 440 | SMS dan WhatsApp 081 333 74 9797 | Facebook: Radio Mitra 97.0 FM | Twitter: @mitra97fm | Instagram: @radiomitra97fm | Alamat: Jalan Wukir no.4 Temas - Kec. Batu - Kota Wisata Batu - Malang - Jawa Timur - Indonesia | www.mitrafm.com |

Mitra Update
Home » Catatan Siar » Adab Makan dan Minum

Adab Makan dan Minum

MitraFM.com– Tak ada yang sepele dalam Islam. Setiap segala sesuatu urusan (kecil hingga besar) memiliki nilai dan aturan yang membuatnya indah. Tentang makan dan minum misalnya, Islam pun memiliki aturan dan etika.

Islam mengajarkan etika makan dan minum yang memberi kebaikan dan berkah bagi penikmatnya. Diantara etika atau adab makan dan minum seorang muslim adalah :

Memulai Makan dengan Basmalah

Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda : “Jika salah seorang dari kalian makan, maka sebutlah nama Allah Ta’ala. Jika ia lupa tidak menyebut nama Allah, maka hendaklah ia menyebut nama Allah Ta‘ala pada awalnya dan hendaklah ia berkata, Dengan nama Allah, sejak awal hingga akhir.” ( HR. Abu Daud)

Mengakhiri Makan dengan Hamdalah

Rasulullah bersabda : “Barangsiapa makan makanan, dan berkata, ‘Segala puji bagi Allah yang memberi makanan ini kepadaku, dan memberikannya kepadaku tanpa ada daya dan upaya dariku’, maka dosa-dosa masa lalunya diampuni.” (Muttafaq ‘Alaih)

Makan dengan Tangan Kanan

Rasulullah saw. bersabda kepada Umar bin Salamah : “Hai anak muda, sebutlah nama Allah, makanlah dengan tangan kananmu, dan makanlah dari makanan yang dekat denganmu (pinggir).” (Muttafaq Alaih)

Makan dari Pinggir

Rasulullah bersabda : “Keberkahan itu turun di tengah makanan. Maka oleh karena itu, makanlah dari pinggir-pinggirnya, dan jangan makan dari tengahnya.” (Muttafaq Alaih)

Menjilati Jari. Jika kita makan menggunakan tangan langsung atau tanpa sendok atau garpu, disunnahkan untuk menjilati jari-jari. Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda : “Jika salah seorang dari kalian makan makanan, maka ia jangan membersihkan jari-jarinya sebelum ia menjilatnya.” (HR. Abu Daud)

Mengambil dan Memakan yang Jatuh

Rasulullah saw. Bersabda : “Jika sesuap makanan kalian jatuh, hendaklah ia mengambilnya, membuang kotoran daripadanya, kemudian memakan sesuap makanan tersebut, serta tidak membiarkannya dimakan syaitan.” (HR. Muslim)

Tidak Meniup dan Bernafas di makanan atau minuman. Rasulullah saw. melarang bernafas di minuman. (HR. Tirmidzi). Rasulullah saw. melarang bernafas di dalam minuman, atau meniup di dalamnya. (HR.Tirmidzi)

Itulah beberapa etika atau adab makan minum seorang mukmin yang semoga kita istiqamah mengamalkannya. Wallahu a’lam

Baca Juga

Pengobatan Gratis & Sembako Warga Negeri di Atas Awan

Pengobatan Gratis & Sembako Warga Negeri di Atas Awan

MitraFM.com – Pengobatan Gratis & Sembako Warga Negeri di Atas Awan. Baitul Maal Hidayatullah (BMH) terus bergerak ...