RADIO MITRA 97.0 FM KOTA WISATA BATU | INSPIRASI KELUARGA ANDA | Interaktif | Telp 0341-597 440 | SMS dan WhatsApp 081 333 74 9797 | Facebook: Radio Mitra 97.0 FM | Twitter: @mitra97fm | Instagram: @radiomitra97fm | Alamat: Jalan Wukir no.4 Temas - Kec. Batu - Kota Wisata Batu - Malang - Jawa Timur - Indonesia | www.mitrafm.com |

Home » Catatan Siar » Ancaman dan Bahaya Riba

Ancaman dan Bahaya Riba

MitraFM.com– Rizki dari Allah Ta’ala begitu luas. Orang-orang beriman diperintah oleh Allah untuk mengambil rizki itu dengan cara yang benar. Allah telah halalkan jual beli dan haramkan riba.

Sayangnya, tidak sedikit manusia yang terjebak pada riba dalam segala urusan hidupnya. Riba telah masuk di seluruh sendi kehidupan dewasa ini. Ya, riba sudah membelit hampir semua lini kehidupan.

Riba telah diharamkan oleh Allah. Maka setiap muslim harus berupaya keras menghindar dan menjauh dari belitannya. Allah Ta’ala pun mengancam para pelaku riba dengan berbagai ancaman.

Para pemakan riba disebut Allah seperti orang yang kerasukan syaitan.

Allah Subhanahu wata’ala berfirman : “Orang-orang yang makan (mengambil) riba tidak dapat berdiri melainkan seperti berdirinya orang yang kemasukan syaitan lantaran (tekanan) penyakit gila.” (QS al Baqarah : 275)

Maknanya adalah orang yang mengambil riba tidak akan tenteram jiwanya seperti orang kemasukan syaitan.

Ibnu Abbas berkata :  “Orang yang memakan riba itu akan dibangkitkan pada hari Kiamat dalam keadaan gila tercekik.”

Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam menyebut riba sebagai dosa yang membinasakan.

Beliau shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda :  “Jauhilah tujuh dosa yang membinasakan!” Para shahabat bertanya, “Apa saja tujuh dosa itu wahai rasulullah?”

Rasul menjawab : “Menyekutukan Allah, sihir, menghabisi nyawa yang Allah haramkan tanpa alasan yang dibenarkan, memakan riba, memakan harta anak yatim, meninggalkan medan perang setelah perang berkecamuk dan menuduh berzina wanita baik baik.” (HR. Bukhari dan Muslim )

Orang yang memakan riba dilaknat oleh Rasulullah shallallahu alaihi wa sallam. Beliau shallallahu alaihi wa sallam melaknat orang yang memakan riba, nasabah riba, juru tulis dan dua saksi transaksi riba.

Beliau bersabda, “Mereka itu sama.” (HR. Muslim)

Riba termasuk dosa besar. Nabi shallallahu alaihi wa sallam bersabda : “Riba itu memiliki 73 pintu. Dosa riba yang paling ringan itu semisal dosa menyetubuhi ibu sendiri. ” (HR. Hakim)

Dalam hadits yang lain Rasulullah bersabda : “Satu dirham uang riba yang dinikmati seseorang dalam keadaan tahu bahwa itu riba dosanya lebih jelek dari pada berzina 36 kali.” (HR. Ahmad)

Demikianlah ancaman dan bahaya riba. Betapa mengerikannya. Semoga Allah ‘azza wa jalla beri kita petunjuk dan pertolongan agar diri dijauhkan dari riba dan dicukupkan dengan rizki yang halal.  Wallahu a’lam

Baca Juga

Syahidah Pertama, Sumayyah binti Khayyat

MitraFM.com– Tauhidnya begitu teguh, sekeras baja.  Cahaya iman di hatinya tak pernah redup. Ia rela ...