RADIO MITRA 97.0 FM KOTA WISATA BATU | INSPIRASI KELUARGA ANDA | Interaktif | Telp 0341-597 440 | SMS dan WhatsApp 081 333 74 9797 | Facebook: Radio Mitra 97.0 FM | Twitter: @mitra97fm | Instagram: @radiomitra97fm | Alamat: Jalan Wukir no.4 Temas - Kec. Batu - Kota Wisata Batu - Malang - Jawa Timur - Indonesia | www.mitrafm.com |

Home » Catatan Siar » Keutamaan Shalat Shubuh Berjamaah

Keutamaan Shalat Shubuh Berjamaah

MitraFM.com– Pokok dari ajaran Islam setelah syahadat adalah shalat. Shalat merupakan ibadah paling utama. Ibadah yang pertama kali ditanyakan oleh Allah Ta’ala kepada setiap hamba.

Diantara shalat yang lima waktu, shalat shubuh dan isya’ disebut oleh nabi sebagai shalat paling berat bagi kebanyakan manusia.

Ya, shalat shubuh, terlebih jika dikerjakan berjamaah memang berat, tetapi ditengah beratnya terdapat banyak keutamaan di dalamnya.

Diantara keutamaan shalat shubuh berjamaah diantaranya disebutkan dalam beberapa hadits diantaranya :

Orang yang mengerjakan shalat shubuh berjamaah akan mendapatkan jaminan dari Allah Ta’ala.

Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda : “Barang siapa yang melaksanakan shalat subuh maka dia berada dalam jaminan Allah, maka jangan sampai Allah menarik kembali jaminan-Nya dari kalian dengan sebab apa pun. Karena siapapun yang Allah cabut jaminan-Nya darinya dengan sebab apa pun, pasti akan tercabut. Kemudian Allah akan telungkupkan wajahnya dalam neraka jahannam.” (HR.Muslim)

Orang yang shalat shubuh berjamaah, kelak diberikan anugerah bisa melihat Allah Ta’ala di akhirat.

Dalam hadits qudsi Allah Ta’ala berfirman: ‘Apakah kalian ingin aku beri tambahan?, Mereka menjawab, ’Bukankanh Engkau telah memutihkan wajah-wajah kami? Bukankan Engkau telah memasukkan kami ke dalam syurga? Dan Engkau selamatkan kami dari neraka?’ Rasulullah melanjutkan, ”Kemudian dibukalah tabir, maka tidak ada lagi nikmat yang lebih besar daripada nikmat bisa melihat Rabb mereka. Inilah nikmat tambahan itu.” Lalu beliau membaca surat Yunus : 26 yang artinya: “Bagi orang-orang yang berbuat baik ada pahala yang terbaik jannah dan tambahannya.” (HR.Muslim)

Shalat shubuh berjamaah pahalanya seperti shalat sepanjang malam. Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda : “Barang siapa yang melaksanakan shalat isya’ secara berjamaah maka ia seperti shalat malam separuh malam. Dan barang siapa melaksanakan shalat subuh secara berjamaah maka ia seperti shalat malam satu malam penuh.” (HR.Muslim)

Shalat shubuh berjamaah menjadi alat ukurkeimanan seseorang.

Rasulullah  shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda: “Shalat terberat bagi orang-orang munafik adalah shalat isya’ dan subuh. Padahal seandainya mereka mengetahui pahala pada kedua shalat tersebut, tentu mereka akan mendatanginya walaupun harus merangkak .” (HR. Ahmad)

Siapa saja yang shalat shubuh berjamaah, kelak aka dihindarkan dari neraka. Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam  bersabda : “Tidak akan masuk neraka, orang yang melaksanakan shalat sebelum matahari terbit dan sebelum tenggelamnya.” (HR.Muslim)

Betapa agungnya nikmat bisa mengerjakan shalat shubuh berjamaah. Betapa istimewanya shalat shubuh ini. Semoga kita termasuk pejuang shubuh. Wallahu a’lam.

Baca Juga

Syahidah Pertama, Sumayyah binti Khayyat

MitraFM.com– Tauhidnya begitu teguh, sekeras baja.  Cahaya iman di hatinya tak pernah redup. Ia rela ...