RADIO MITRA 97.0 FM KOTA WISATA BATU | INSPIRASI KELUARGA ANDA | Interaktif | Telp 0341-597 440 | SMS dan WhatsApp 081 333 74 9797 | Facebook: Radio Mitra 97.0 FM | Twitter: @mitra97fm | Instagram: @radiomitra97fm | Alamat: Jalan Wukir no.4 Temas - Kec. Batu - Kota Wisata Batu - Malang - Jawa Timur - Indonesia | www.mitrafm.com |

Home » Catatan Siar » Dzikir Pelebur Dosa

Dzikir Pelebur Dosa

MitraFM.com– Pasti, setiap manusia pernah melakukan dosa. Siapapun ia seluas apapan ilmunya, sehebat apapun orangnya, selama ia masih manusia, maka ia pasti pernah melakukan dosa. Ya, sebab manusia tempatnya salah dan lupa. Dan sebaik-baik orang yang melakukan kesalahan dan dosa adalah yang bertaubat kepada Allah Ta’ala.

Mau tidak mau kita harus akui bahwa diri tak luput dari dosa. Terlepas sedikit banyaknya. Ya, meskipun setiap diri diharuskan menjadi diri agar tidak mudah terjerumus ke dalam jurang dosa. Hanya saja memang, kita masih seringkali gagal menjaga diri. Maka berbuat dosa pun tak bisa dihindari.

Lalu bagaimana agar dosa-dosa kita diampuni? Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam telah mengajarkan beberapa dzikir istimewa yang bisa melebur dosa-dosa diantaranya :

Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda : “Barangsiapa mengucapkan ‘Laa ilaaha illallaahu wahdahu laa syaarikalahu, lahul mulku wa lahul hamdu wa huwa ‘alaa kulli syai’in qadiir‘ seratus kali akan memperoleh ganjaran sebagaimana membebaskan sepuluh budak, dan seratus kebaikan akan dicatatkan atasnya, dan seratus dosa akan dihapuskan dari catatan amalnya, dan ucapan tadi akan menjadi perisai baginya dari Syaithan pada hari itu hingga malam hari, dan tak ada seorangpun yang bisa mengalahkan amal kebaikannya kecuali orang yang melakukan amal yang lebih baik darinya.” (HR.val-Bukhari)

Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam juga bersabda :  “Barangsiapa yang membaca Subhanallah sehabis tiap bershalat -wajib- sebanyak tiga puluh tiga kali dan membaca Alhamdudillah sebanyak tiga puluh tiga kali dan pula membaca Allahu Akbar sebanyak tiga puluh tiga kali dan untuk menyempurnakan keseratusnya ia membaca: La ilaha illallahu wahdahu la syarikalah, lahul mulku wa lahul hamdu wa huwa ‘ala kulli syai-in qadir, maka diampunkanlah untuknya semua kesalahan-kesalahannya, sekalipun banyaknya itu seperti buih lautan.” (HR. Muslim)

Dzikir pelebur dosa selanjutnya adalah membaca tasbih. Beliau bersabda : “Barangsiapa mengucapkan: Subhanallah wa bihamdih dalam sehari sebanyak seratus kali, maka dihapuskanlah dari dirinya semua kesalahan-kesalahannya (dosa-dosa kecil), sekalipun kesalahan-kesalahannya itu banyaknya seperti buih lautan.” (HR. Muttafaq ‘alaih)

Dzikir berikutnya adalah doa mengakhiri majelis. Dari Abu Barzah Al-Aslami radhiyallahu ’anhu ia berkata: “Jika Rasulullah shallallahu ’alaih wa sallam hendak bangun dari suatu majelis beliau membaca: Subhanakallahumma wabihamdika asyhadu allaa ilaaha illa anta astaghfiruka wa atuubu ilaika (Maha Suci Engkau ya Allah dan segala puji bagiMu, aku bersaksi bahwa tiada ilah selain Engkau aku mohon ampun dan bertaubat kepadaMu)”. Seorang sahabat berkata: “Ya Rasulullah, engkau telah membaca bacaan yang dahulu tidak biasa engkau baca?” Beliau menjawab: “Itu sebagai penebus dosa yang terjadi dalam sebuah majelis.” (HR. Abu Dawud)

Mari perbanyak dzikir pelebur dosa. Semoga Allah Ta’ala mengampuni dosa-dosa kita. Wallahu a’lam.

 

Baca Juga

Juara 1 di Kabupaten, Santriwati ini Melaju ke Hifdzil Quran Tingkat Propinsi

Juara 1 di Kabupaten, Santriwati ini Melaju ke Hifdzil Quran Tingkat Propinsi

MitraFM.com – Juara 1 di Kabupaten, Santriwati ini Melaju ke Hifdzil Quran Tingkat Propinsi. Torehan prestasi menjadi ...