RADIO MITRA 97.0 FM KOTA WISATA BATU | INSPIRASI KELUARGA ANDA | Interaktif | Telp 0341-597 440 | SMS dan WhatsApp 081 333 74 9797 | Facebook: Radio Mitra 97.0 FM | Twitter: @mitra97fm | Instagram: @radiomitra97fm | Alamat: Jalan Wukir no.4 Temas - Kec. Batu - Kota Wisata Batu - Malang - Jawa Timur - Indonesia | www.mitrafm.com |

Home » Catatan Siar » Mencintai Sesama Muslim Karena Allah

Mencintai Sesama Muslim Karena Allah

MitraFM.com– Cinta tertinggi seorang Muslim adalah cinta kepada Allah Ta’ala. Sedangkan cinta-cinta kepada selain-Nya sejatinya harus dilandasi semata-mata karena cinta kepada Allah ‘Azza wa Jalla.

Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda:“Tali iman yang paling kuat adalah mencintai karena Allah dan membenci karena Allah.” (HR at-Tirmidzi).

Cinta karena Allah merupakan kesempurnaan iman seorang Muslim. Beliau bersabda:“Siapa saja yang mencintai karena Allah, membenci karena Allah, memberi karena Allah dan tidak memberi karena Allah, maka sungguh telah sempurna imannya.” (HR Abu Dawud dan at-Tirmidzi)

Lalu, bagaimana cara kita mengokohkan cinta kepada saudara seiman karena Allah?

Kabarkan cinta kepadanya. Rasulullah SAW  bersabda, “Apabila ada seorang dari kalian mencintai temannya hendaklah dia mendatangi rumahnya dan mengabarinya bahwa ia mencintai dirinya karena Allah SWT.”

Selanjutnya, kokohkan cinta dengan saling memberi hadiah. Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,”Saling memberi hadiahlah kalian, niscaya kalian akan saling mencintai.” (HR. al Bukhari dan Baihaqi)

Rumus pengikat cinta selanjutnya adalah menebarkan salam. Salam adalah doa dan pengikat hati. Orang yang menebar salam mereka yang menebar keselamatan.

Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, “Tidaklah kalian masuk surga sehingga kalian beriman. Tidakkah kalian beriman sehingga kalian saling mencintai. Maukah kalian aku tunjukkan tentang sesuatu yang apabila kalian lakukan kalian akan saling mencintai? Sebarkanlah salam di antara kalian.” (HR. Muslim)

Jangan lupa untuk saling mengunjungi.  Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, “Wahai Abu Hurairah! berkunjunglah engkau dengan baik, tidak terlalu sering dan terlalu jarang, niscaya akan bertambah sayang.” (HR. Thabrani dan Baihaqi)

Berikutnya perkokoh cinta saudara dengan menjaga kehormatannya, yakni mnjauhi su’udhan dan ghibah

Allah Ta’ala berfirman: “Hai orang-orang yang beriman, jauhilah kebanyakan dari prasangka. Sesungguhnya sebagian prasangka itu adalah dosa. Jangan pula sebagian kalian menggunjingkan (ghibah) sebagian yang lain. Sukakah salah seorang di antara kalian memakan daging saudaranya yang sudah mati? Tentu kalian akan merasa jijik.” (QS. al-Hujurat: 12)

Semoga Allah Ta’ala kokohkan hati kita dalam ikatan cinta dalam bingkai ukhuwah islamiyah dan dijauhkan dari buruksangka. Wallahu a’lam

 

Baca Juga

Juara 1 di Kabupaten, Santriwati ini Melaju ke Hifdzil Quran Tingkat Propinsi

Juara 1 di Kabupaten, Santriwati ini Melaju ke Hifdzil Quran Tingkat Propinsi

MitraFM.com – Juara 1 di Kabupaten, Santriwati ini Melaju ke Hifdzil Quran Tingkat Propinsi. Torehan prestasi menjadi ...