RADIO MITRA 97.0 FM KOTA WISATA BATU | INSPIRASI KELUARGA ANDA | Interaktif | Telp 0341-597 440 | SMS dan WhatsApp 081 333 74 9797 | Facebook: Radio Mitra 97.0 FM | Twitter: @mitra97fm | Instagram: @radiomitra97fm | Alamat: Jalan Wukir no.4 Temas - Kec. Batu - Kota Wisata Batu - Malang - Jawa Timur - Indonesia | www.mitrafm.com |

Home » Catatan Siar » Waktu-waktu yang Mustajab

Waktu-waktu yang Mustajab

MitraFM.com– Manusia makhluk yang lemah. Ia tidak sanggup memikul beban hidupnya sendiri. Ia membutuhkan tempat bergantung dan berharap kepada dzat yang maha kuat. Dia adalah Allah ‘Azza wa Jalla.

Allah tempat memohon dan bergantung. Hanya kepada Dia kita berdoa. Allah Ta’ala berjanji akan mengabulkan semua doa hambaNya. Terlebih doa yang dipanjatkan di waktu-waktu yang mustajab.

Rasulullah shallallhu ‘alaihi wa sallam telah mengabarkan banyak waktu yang  mustajab agar kita bisa memanfaatkannya untuk berdoa diantaranya:

Di Sepertiga Malam Terakhir

Rasulullah Shallallhu ‘alaihi wa sallam bersabda:  “Allah turun kelangit bumi setiap malam saat tersisa sepertiga malam akhir,” Kemudian Allah Subhanahu wa Ta’ala berfirman : ”Adakah yang sedang berdoa pada-KU,maka Aku kabulkan, adakah yang meminta pada-KU, maka Aku berikan, adakah yang bertaubat pada-KU,maka Aku ampunkan.” (HR. al-Bukhari )

Waktu mustajab selanjutnya, Pada Waktu Sujud

Rasulullah Shallahu ‘alaihi wa Sallam bersabda: “Jarak yang paling dekat antara seorang hamba dengan Rabb-Nya adalah pada waktu sujud, maka perbanyaklah berdoa pada saat sujud.” (HR.Muslim)

Disebutkan pula diantara waktu yang mustajab adalah saat antara Azan dan Iqamah

Rasulullah bersabda : “Doa itu tidak ditolak antara Adzan dan Iqamah, maka berdoalah.” ( HR. Ahmad)

Di saat shalat fardhu juga terdapat waktu mustajab, yakni Pada Saat di Akhir Shalat Fardhu

Pernah ada yang bertanya kepada Rasulullah “Wahai Rasulullah Doa apakah yang dikabulkan (dijabah)?” Rasulullah bersabda: “Doa yang dipanjatkan di tengah malam akhir dan di akhir Shalat Fardhu.”
(HR. At Tirmidzi dan An Nasa’i)

Waktu yang mustajab lainnya disebutkan oleh nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam adalah bakda ashar di Hari Jumat

Rasululullah bersabda : Di dalamnya(jum’at)  ada satu saat (yang mustajab) tidaklah seorang Muslim yang kebetulan waktu itu sedang mendirikan shalat (atau menunggu shalat), dan memohon kepada Allah melainkan Allah pasti mengabulkan permohonannya, dan Rasulullah mengisyaratkan dengan tangannya akan sedikitnya saat mustajab itu.” (HR.Bukhari)
Tentu terdapat banyak riwayat lain menyebutkan waktu-waktu mustajab selain yang telah disebutkan tadi, diantaranya saat musafir, perjalanan, saat berbuka puasa, dll.

Semoga Allah Ta’ala memberi kita hidayah, kemampuan dan kemauan berdoa kepada-Nya. Sebab sesungguhnya doa adalah senjata utama orang-orang beriman. Walllahu a’lam.

Baca Juga

Juara 1 di Kabupaten, Santriwati ini Melaju ke Hifdzil Quran Tingkat Propinsi

Juara 1 di Kabupaten, Santriwati ini Melaju ke Hifdzil Quran Tingkat Propinsi

MitraFM.com – Juara 1 di Kabupaten, Santriwati ini Melaju ke Hifdzil Quran Tingkat Propinsi. Torehan prestasi menjadi ...