RADIO MITRA 97.0 FM KOTA WISATA BATU | INSPIRASI KELUARGA ANDA | Interaktif | Telp 0341-597 440 | SMS dan WhatsApp 081 333 74 9797 | Facebook: Radio Mitra 97.0 FM | Twitter: @mitra97fm | Instagram: @radiomitra97fm | Alamat: Jalan Wukir no.4 Temas - Kec. Batu - Kota Wisata Batu - Malang - Jawa Timur - Indonesia | www.mitrafm.com |

Mitra Update
Home » Catatan Siar » 5 Pemanis Alami Pengganti Gula Pasir

5 Pemanis Alami Pengganti Gula Pasir

MitraFM.com– Tak lengkap rasanya kalau membuat minuman atau masakan tidak menambahkan gula, sepertinya ada sesuatu yang kurang. Apalagi Perasa manis dipadukan dengan bumbu lain membuat cita rasa minuman atau masakanmakin lezat dan unik.

Namun penggunaan gula dalam juga menjadi dilematis tersendiri. Satu sisi, gula adalah bahan yang paling mudah dan praktis dalam penggunaan. Di sisi lain, gula adalah salah salah satu bahan makanan pemicu diabetes dan obesitas.

Kalau Anda memang ingin menjauhkan diri dari mengkonsumsi gula dikarenakan ada keluhan kesehatan yang Anda rasakan. Anda bisa menggunakan alternatif lain agar tetap memperoleh rasa manis yang Anda inginkan terutama dalam masakan.

Solusinya adalah menggunakan pemanis alami pengganti gula yang lebih aman dan sehat. Meskipun alami, rasa manisnya juga tak kalah bisa menambah kelezatan masakan..

Berikut 5 Bahan Yang Bisa Anda Gunakan Sebagai Pemanis Alami Pengganti Gula Pasir

  1. Bawang Bombay

Pemanis yang terdapat pada bawang bombay adalah gula alami. Cara mendapatkannya mudah, cukup dipanaskan pada api kecil maka kandungan gulanya akan muncul.

2. Jeruk Segar

Perasan jeruk segar bisa digunakan sebagai pengganti gula. Meski berasa manis, air jeruk sangat menyehatkan karena mengandung vitamin C yang melimpah. Perasan air jeruk paling umum digunakan sebagai dressing salad,  baik itu yang dicampurkan maupun dipisah dan dihidangkan sendiri.

3. Wortel

Beri tambahan parutan wortel saat Anda memasak saus asam manis atau saus pasta. Ini bisa menjadi pemanis yang menyehatkan. Wortel memiliki tekstur rasa manis yang alami dan mengandung banyak vitamin A. Baik untuk kesehatan mata anak-anak hingga dewasa.

4. Gula Kelapa

Gula kelapa memiliki rasa yang khas, manis bercampur gurih. Memiliki kandungan gula yang lebih kecil dibandingkan gula pasir putih. Sebagian besar resep masakan Jawa menggunakan pemanis gula kelapa untuk menambah kelezatan.

5. Madu

Tanpa diolah madu sudah sangat manis karena itu adalah rasa asli. Madu sudah terkenal menyehatkan tubuh dari jaman dahulu. Kalau Anda ingin mengganti gula pasir, Anda bisa menggunakan madu ini sebagai alternatif. Bisa dalam makanan, bisa juga dalam minuman.

Itulah 5 Bahan Alami Yang Bisa Anda Gunakan Sebagai Pemanis Alami Pengganti Gula Pasir. Meski demikian, pemakaiannya tetap harus dalam takaran wajar dan tidak boleh berlebihan.

Baca Juga

Geliatkan Ekonomi Produktif Pesantren

Geliatkan Ekonomi Produktif Pesantren

MitraFM.com – Geliatkan Ekonomi Produktif Pesantren. Tantangan yang sangat kasat mata bagi umat Islam saat ini adalah ...