RADIO MITRA 97.0 FM KOTA WISATA BATU | INSPIRASI KELUARGA ANDA | Interaktif | Telp 0341-597 440 | SMS dan WhatsApp 081 333 74 9797 | Facebook: Radio Mitra 97.0 FM | Twitter: @mitra97fm | Instagram: @radiomitra97fm | Alamat: Jalan Wukir no.4 Temas - Kec. Batu - Kota Wisata Batu - Malang - Jawa Timur - Indonesia | www.mitrafm.com |

Mitra Update
Home » Catatan Siar » Hidup Mulia dengan Al Qur’an

Hidup Mulia dengan Al Qur’an

MitraFM.com– Al Qur’an adalah panduan hidup seorang Muslim. Membaca dan mempelajarinya adalah ibadah. Setiap Muslim hendaknya istiqamah membaca dan mempelajari al Qur’an. Bukan semata untuk mendapatkan pahala, lebih dari itu agar hidupnya senantiasa dekat dan dipandu oleh al Qur’an. In sya Allah hidup akan lebih mulia dengan al Qur’an.

Sungguh, jika membaca dan mempelajari al Qur’an merupakan ibadah, apatah lagi mengamalkannya. Bersama al Qur’an in sya Allah hidup akan mulia dan dimuliakan.

Kemuliaan yang akan diberikan kepada ahli Qur’an diantaranya:

Menjadi keluarga Allah.

Rasulullah shallallahu ‘alahi wa sallam bersabda: “Ahli Al-Qur`an adalah Ahlullah dan merupakan kekhususan baginya.” (HR. An-Nasa`i, Ibnu Majah, Al-Hakim)

Dalam hadits lain disebutkan, orang yang mempelajari al Qur’an adalah sebaik-baik manusia.

Rasulullah shallallahu ‘alihi wa sallam bersabda, “ Sebaik-baik kalian adalah yang mempelajari Al-Qur`an dan mengajarkanya.” (HR. al-Bukhari)

Orang yang selalu dekat dengan al Qur’an hidupnya mulia. Bahkan hingga di akhirat nanti pun ia dikejar kemuliaan berupa syafaat.Rasulullah bersabda: “Bacalah Al-Qur`an, sesungguhnya ia akan datang pada hari kiamat memberikan syafaat bagi pembacanya.” (HR. Muslim)

Kemuliaan yang lain juga mengejar, yakni Surga. Sungguh, orang membaca alQur’an dia akan memperoleh surga yang tingginya setinggi ayat yang dibaca.

Dalam hadits yang diriwayatkan Tirmidzi disebutkan:

Dikatakan kepada Shahibul Qur`an (di akhirat): “Bacalah Al-Qur`an dan naiklah ke surga serta tartilkanlah (bacaanmu) sebagai mana engkau tartilkan sewaktu di dunia. Sesungguhnya kedudukan dan tempat tinggalmu (di surga) berdasarkan akhir ayat yang engkau baca.”

Kemuliaan hidup bersama al Qur’an akan diberikan berupa pahala yang banyak, melimpah.

Di dalam al Qur’an Allah Ta’ala berfirman : “Sesungguhnya orang-orang yang selalu membaca kitab Allah dan mendirikan shalat dan menafkahkan sebahagian dari rezki yang Kami anugerahkan kepada mereka dengan diam-diam dan terang-terangan, mereka itu mengharapkan perniagaan yang tidak akan merugi, agar Allah menyempurnakan kepada mereka pahala mereka dan menambah kepada mereka dari karuniaNya.” (QS. Al-Fathir:29-30)

Beliau Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda: Barangsiapa yang membaca satu huruf dari Kitabullah (Al-Qur`an) maka dia akan memperoleh satu kebaikan dan satu kebaikan akan dibalas dengan sepuluh kebaikan yang semisalnya. Saya tidak mengatakan alif lam mim  itu satu huruf, akan tetapi alif  satu huruf dan lam satu huruf seta mim satu huruf”. (HR. At-Tirmidzi)

Hidup bersama al Qur’an akan mengundang rahmat-Nya.Allah akan memberikan pahala, syafaat dan surga. Itulah kemuliaan hidup sebenarnya. Wallahu a’lam.

Baca Juga

Geliatkan Ekonomi Produktif Pesantren

Geliatkan Ekonomi Produktif Pesantren

MitraFM.com – Geliatkan Ekonomi Produktif Pesantren. Tantangan yang sangat kasat mata bagi umat Islam saat ini adalah ...