RADIO MITRA 97.0 FM KOTA WISATA BATU | INSPIRASI KELUARGA ANDA | Interaktif | Telp 0341-597 440 | SMS dan WhatsApp 081 333 74 9797 | Facebook: Radio Mitra 97.0 FM | Twitter: @mitra97fm | Instagram: @radiomitra97fm | Alamat: Jalan Wukir no.4 Temas - Kec. Batu - Kota Wisata Batu - Malang - Jawa Timur - Indonesia | www.mitrafm.com |

Mitra Update
Home » Catatan Siar » Mengenal Wajah Dunia

Mengenal Wajah Dunia

MitraFM.com– Kini kita berada di satu tempat yang belum pernah kita singgahi sebelumnya, dunia. Inilah tempat yang asing bagi semua manusia. Dan di sini kita diminta berhati-hati dengan jebakan dan tipuannya.

Dunia hanyalah tempat singgah perjalanan kehidupan. Alam yang disediakan Allah Ta’ala sebagai ladang mengais bekal perjalanan kehidupan sebenarnya, akhirat.

Maka Allah Subhanahu wata’ala mengingatkan kita tentang sifat-sifat dunia dalam beberapa firmanNya.

Allah Ta’ala menyebutkan dunia sebagai tempat bermain dan senda gurau.

Allah Ta’ala berfirman : “Dan tiadalah kehidupan dunia ini, selain dari main-main dan senda gurau belaka, dan sungguh kampung akhirat itu lebih baik bagi orang-orang yang bertakwa. Maka tidakkah kalian memahaminya?” (QS. Al An’am : 32)

Di dalam al Qur’an Allah Ta’ala juga menyebut dunia sebagai perhiasan yang melalaikan.

Allah berfirman : “Ketahuilah olehmu semua, bahwasanya kehidupan dunia itu hanyalah permainan dan senda-gurau, perhiasan dan bermegah-megah antara sesamamu, berlomba banyak kekayaan dan anak-anak. Perumpamaannya adalah seperti hujan yang mengherankan orang-orang kafir -yang menjadi petani- melihat tumbuh tanamannya, kemudian menjadi kering lalu engkau lihat menjadi kuning warnanya, kemudian menjadi hancur binasa. Dan di akhirat siksa yang amat sangat untuk mereka itu -yang berbuat kesalahan, juga pengampunan dari Allah serta keridhaan -bagi orang-orang yang berbuat kebaikan- dan tidaklah kehidupan dunia ini melainkan hanyalah kesenangan tipuan belaka.” (QS. Al-Hadid: 20)

Ya, dunia sebagai perhiasan yang melalaikan. Begitulah kenyataannya, betapa banyak manusia yang lalai dari mengingat Allah, lalai dalam menjalankan ketaatan, karena dilalaikan dunia. Mereka sibuk dan asyik dengan dunia sampai tiba-tiba ajalnya menjemput.

Dunia disifati oleh Allah sebagai  tempatnya cobaan. Di dunia ini kita diuji. Anak-anak, harta, jabatan dan semua yang diberikan kepada manusia adalah ujian. Apakah manusia bersyukur atau ingkar, apakah manusia bersabar atau menggugat.

Allah berfirman : ”Dan ketahuilah, bahwa hartamu dan anak-anakmu itu hanyalah sebagai cobaan dan sesungguhnya di sisi Allah-lah pahala yang besar” (QS. Al-Anfaal : 28)

Allah mengingatkan dalam firmanNya : ”Hai orang-orang yang beriman, janganlah harta-hartamu dan anak-anakmu melalaikan kamu dari mengingat Allah. Barangsiapa yang berbuat demikian maka mereka itulah orang-orang yang merugi” (QS. Al-Munaafiquun : 9)

Jangan dilalaikan dunia. Dunia ini hanya cobaan.

Inilah dunia, wajah aslinya telah disebutkan Allah agar kita waspada dan berhati-hati dengan tipu dayanya. Semoga Allah berikan hidayah kepada kita dan dijauhkan diri kita dari tipu daya dunia. Wallahu a’lam.

Baca Juga

Geliatkan Ekonomi Produktif Pesantren

Geliatkan Ekonomi Produktif Pesantren

MitraFM.com – Geliatkan Ekonomi Produktif Pesantren. Tantangan yang sangat kasat mata bagi umat Islam saat ini adalah ...