RADIO MITRA 97.0 FM KOTA WISATA BATU | INSPIRASI KELUARGA ANDA | Interaktif | Telp 0341-597 440 | SMS dan WhatsApp 081 333 74 9797 | Facebook: Radio Mitra 97.0 FM | Twitter: @mitra97fm | Instagram: @radiomitra97fm | Alamat: Jalan Wukir no.4 Temas - Kec. Batu - Kota Wisata Batu - Malang - Jawa Timur - Indonesia | www.mitrafm.com |

Home » Catatan Siar » Sifat Manusia yang Disebut al Qur’an

Sifat Manusia yang Disebut al Qur’an

MitraFM.com– Manusia tetaplah manusia dengan segala sifat-sifat. Allah Ta’ala telah menyebutkan berbagai macam sifat manusia di dalam al Qur’an sebagai kabar dan peringatan.Manusia cenderung tidak tahu atau tidak sadar akan sifat-sifatnya, sementara Allah Ta’ala pencipta manusia sangat betul seperti apa ciptaan-Nya.

Diantara sifat-sifat manusia yang disebutkan Allah Ta’ala di dalam al Qur’an diantaranya; Manusia Suka Berkeluh Kesah

Berkeluh kesah adalah salah satu sifat manusia sebagaimana disebutkan dalam al Qur’an.

Allah ‘Azza wa Jalla berfirman, “Apabila ia ditimpa kesusahan ia berkeluh kesah” (QS.  Al Ma’arij : 20)

Di ayat yang lain, Allah juga berfirman : “Manusia tidak jemu memohon kebaikan, dan jika mereka ditimpa malapetaka dia menjadi putus asa lagi putus harapan.” (QS.  Al-Fushshilat : 20)

Di dalam ayat yang lain Allah berfirman : “Dan apabila Kami berikan kesenangan kepada manusia niscaya berpalinglah dia; dan membelakang dengan sikap yang sombong; dan apabila dia ditimpa kesusahan niscaya dia berputus asa.” (QS. al-Isra’: 83)

Sifat manusia yang di dalam al Qur’an disebut Allah Ta’ala berikutnya adalah manusia termasuk makhluk yang kikir.

Perhatikan firman Allah Subhanahu wa Taala yang menyebutkan:

“Katakanlah: “Kalau seandainya kamu menguasai perbendaharaan-perbendaharaan rahmat Tuhanku, niscaya perbendaharaan itu kamu tahan, karena takut membelanjakannya.” Dan adalah manusia itu sangat kikir.” (QS. Al-Isra’ : 100)

Selain kikir, manusia juga disebut sering ingkat terhadap nikmat Allah.

Allah ‘Azza wa Jalla berfirman : “Dan mereka menjadikan sebagian dari hamba-hamba-Nya sebagai bagian daripada-Nya. Sesungguhnya manusia itu benar-benar pengingkar yang nyata (terhadap rahmat Allah). (QS. Az-Zukhruf : 15)

Dalam ayat yang lain Allah berfirman : “Sesungguhnya manusia itu sangat ingkar, tidak berterima kasih kepada Tuhannya..” (Q.S. al-’Aadiyaat : 6)

Sifat manusia berikutnya disebut oleh Allahh sebagai Dhalim dan Bodoh

Dalam firmanNya Allah Subhanahu wa Taala berfirman : “Sesungguhnya Kami telah mengemukakan amanat kepada langit, bumi dan gunung-gunung, maka semuanya enggan untuk memikul amanat itu dan mereka khawatir akan mengkhianatinya, dan dipikullah amanat itu oleh manusia. Sesungguhnya manusia itu amat dhalim dan amat bodoh.. ” (Q.S al-Ahzab : 72)

Sungguh, sifat-sifat manusia  yang disampaikan Allah Ta’ala melalui al Qur’an ini benar adanya. Kita menyaksikan sendiri atau bahkan kita mengamalami yang demikian. Semoga Allah beri kemudahan kepada kita agar dijauhkan dari sifat-sifat yang buruk tersebut dan kepada-Nya kita mohon ampun.  Wallahu a’lam

Baca Juga

Biografi Singkat Mufassir

MitraFM.com– Sejatinya, ulama penulis tafsir al Qur’an begitu banyak. Setiap jaman selalu muncul ulama besar ...