RADIO MITRA 97.0 FM KOTA WISATA BATU | INSPIRASI KELUARGA ANDA | Interaktif | Telp 0341-597 440 | SMS dan WhatsApp 081 333 74 9797 | Facebook: Radio Mitra 97.0 FM | Twitter: @mitra97fm | Instagram: @radiomitra97fm | Alamat: Jalan Wukir no.4 Temas - Kec. Batu - Kota Wisata Batu - Malang - Jawa Timur - Indonesia | www.mitrafm.com |

Mitra Update
Home » Catatan Siar » Dosa Besar yang Disebut al Qur’an

Dosa Besar yang Disebut al Qur’an

MitraFM.com– Al Qur’an merupakan panduan sempurna untuk manusia yang ingin hidup penuh kebahagiaan di dunia dan akhirat. Sungguh, orang-orang yang mengikuti petunjuk al Qur’an hidupnya akan terjaga dan jauh dari kesia-sian yang menghinakan.

Al Qur’an adalah petunjuk bagi orang-orang yang menginginkan keselamatan dunia dan akhirat. Al Qur’an telah menyebutkan beberapa jenis dosa besar yang harus benar-benar kita jauhi agar tidak terhina diantaranya:

Dosa Syirik yaitu menyekutukan Allah Ta’ala dengan apapun. Inilah dosa besar, terbesar.

Allah Ta’ala berfirman:  “Sesungguhnya Allah tidak akan mengampuni dosa syirik, dan Dia mengampuni segala dosa yang selain dari (syirik) itu, bagi siapa yang dikehendaki-Nya.” (QS. An Nisaa : 48)

Dosa durhaka kepada kedua orangtua.  Allah Ta’ala menyifati orang yang berbuat durhaka kepada kedua orangtuanya sebagai orang yang sombong lagi celaka. Allah Ta’ala berfirman: “Dan berbakti kepada ibuku, dan Dia tidak menjadikan aku seorang yang sombong lagi celaka.” (QS. Maryam : 32)

Dosa besar berikutnya adalah membunuh manusia apalagi mukmin.  Allah Ta’ala berfirman: “Dan barangsiapa yang membunuh seorang mu’min dengan sengaja, maka balasannya ialah Jahannam, kekal ia di dalamnya.” (QS. An Nisaa’ : 93)

Al Qur’an juga menyebutkan menuduh wanita baik-baik berbuat zina adalah tuduhan keji dan termasuk dosa besar. Maka berhati-hatilah atas tuduhan ini. Laknat dan adzab akan ditimpakan kepadanya.

Allah Ta’ala berfirman: “Sesungguhnya orang-orang yang menuduh wanita-wanita yang baik-baik, yang lengah lagi beriman (berbuat zina), mereka kena la’nat di dunia dan akhirat, dan bagi mereka azab yang besar”. (QS. An Nuur : 23)

Dosa besar berikutnya adalah memakan riba.

Allah Ta’ala berfirman: “Orang-orang yang makan (mengambil) riba tidak dapat berdiri melainkan seperti berdirinya orang yang kemasukan syaitan lantaran (tekanan) penyakit gila.” (QS. Al-Baqarah : 275)

Masih terkait dengan harta, dosa besar selanjutnya adalah memakan harta anak yatim. Allah SWT berfirman: “Sesungguhnya orang-orang yang memakan harta anak yatim secara zalim, sebenarnya mereka itu menelan api sepenuh perutnya dan mereka akan masuk ke dalam api yang menyala-nyala (neraka).” (QS. An-Nisaa : 10)

Itulah lima jenis dosa besar yang disebutkan al Qur’an diantara banyak dosa besar lainnya. Semoga Allah Ta’ala membimbing kita menjadi hamba-bambaNya yang bertakwa. Hamba yang patuh dan taat atas segala perintahNya dan menjauh segala maksiat dosa. Wallaahu a’lam.

Baca Juga

Aksi Cepat Bantu Pengungsi Gunung Agung

Aksi Cepat Bantu Pengungsi Gunung Agung

MitraFM.com – Aksi Cepat Bantu Pengungsi Gunung Agung. Baitul Maal Hidayatullah sebagai Laznas yang memiliki program sosial ...