RADIO MITRA 97.0 FM KOTA WISATA BATU | INSPIRASI KELUARGA ANDA | Interaktif | Telp 0341-597 440 | SMS dan WhatsApp 081 333 74 9797 | Facebook: Radio Mitra 97.0 FM | Twitter: @mitra97fm | Instagram: @radiomitra97fm | Alamat: Jalan Wukir no.4 Temas - Kec. Batu - Kota Wisata Batu - Malang - Jawa Timur - Indonesia | www.mitrafm.com |

Mitra Update
Home » Catatan Siar » Cara Mengatasi Sakit Kepala Secara Alami

Cara Mengatasi Sakit Kepala Secara Alami

MitraFM.com– Apakah Anda pernah mengalami sakit kepala ? Atau justru saat ini Anda mengalaminya? Sakit kepala sebenarnya merupakan sebuah gangguan sistem pada bagian saraf yang mengalami penegangan. Munculnya sakit kepala dapat disebabkan karena banyak faktor, mulai dari telat makan sampai dengan kondisi stres berat.

Sakit kepala tergolong sebagai gangguan kesehatan yang tidak serius, namun akan menjadi lebih serius apabila tidak Anda atasi secepatnya. Untuk menghilangkan sakit kepala sangatlah mudah, namun kebanyakan orang lebih percaya menggunakan obat dari dokter atau beli di apotek untuk penyembuhannya.

Berikut ini ada  beberapa cara menghilangkan sakit kepala dengan cepat dan mudah yang bisa Anda praktekan secara langsung.

  1. Gunakan es batu

Tahukah Anda bahwa sebenarnya es batu sangatlah mujarab untuk menghilangkan sakit kepala berat? Es batu memiliki sifat yang sangat dingin, kandungan sifat dinginnya inilah yang bisa mengatasi sakit kepala Anda dengan cepat.

Untuk menghilangkan sakit kepala dengan es batu sangatlah mudah sekali, cukup dengan mengosok-gosokan es batu secara perlahan-lahan pada bagian kening, bagian samping kepala, dan bila perlu pada bagian belakang kepala.

  1. Konsumsi banyak air putih

Tubuh kita pada dasarnya lebih dari 70 % tersusun atas cairan. Sehingga konsumsi cairan setiap harinya sangatlah penting untuk tubuh, salah satunya mampu mengoptimalkan sistem metabolisme.

Menurut  penelitian di Universitas of Chicago Amerika Serikat, konsumsi air putih minimal 8-10 gelas akan membantu seseorang mencegah dehidrasi, yang mana dehidrasi inilah yang menjadi salah satu pemicu munculnya sakit kepala.

  1. Konsumsi kentang

Kentang merupakan makanan yang mengandung kalium cukup tinggi. Ada banyak sekali manfaat kandungan kalium bagi kesehatan tubuh, salah satunya melancarkan sistem peredaran darah.

Apabila peredaran darah dalam tubuh menjadi lancar, maka secara otomatis sakit kepalapun dapat teratasi dengan mudah. Oleh sebab itu, menghilangkan sakit kepala dengan kentang sangatlah baik.

Usahakan mengonsumsi kentang tanpa mengupas kulitnya, sebab kandungan kalium paling tinggi ini terdapat pada kulit. Selain itu hindari menggoreng, cukup dibakar atau direbus saja.

  1. Konsumsi buah pisang

Buah pisang mengandung senyawa potassium dan magnesium yang cukup tinggi. Kedua kandungan senyawa inilah yang dipercaya oleh para ahli sangatlah baik untuk menghilangkan sakit kepala migrain.

Maka dari itu, jika Anda mengalami sakit kepala sebelah atasi dengan cara mengonsumsi buah pisang secara rutin setiap harinya.

  1. Atasi dengan semangka

Tahukah Anda manfaat sebenarnya dari semangka? Buah yang segar dan
kaya akan air ini ternyata mengandung senyawa kalium yang cukup tinggi. Selain kalium bermanfaat untuk sistem peredaran darah, kandungan tersebut juga sangat efektif untuk mengobati sakit kepala.

Anda bisa menghilangkan sakit kepala dengan konsumsi semangka merah dan kuning. Namun lebih lebih perbanyak konsumsi pada pangkal daging buah semangka tersebut. Sebab pada bagian itulah yang mengandung kalium cukup tinggi.

  1. Perbaiki waktu tidur Anda

Salah satu penyebab munculnya sakit kepala adalah kurang tidur. Kondisi kurang tidur dapat menyebabkan penegangan pada bagian otot dan sistem saraf. Dari sinilah sakit kepala bisa muncul. Maka dari itu hindari tidak tidur sampai larut malam.

 

 

Baca Juga

Aksi Cepat Bantu Pengungsi Gunung Agung

Aksi Cepat Bantu Pengungsi Gunung Agung

MitraFM.com – Aksi Cepat Bantu Pengungsi Gunung Agung. Baitul Maal Hidayatullah sebagai Laznas yang memiliki program sosial ...