RADIO MITRA 97.0 FM KOTA WISATA BATU | INSPIRASI KELUARGA ANDA | Interaktif | Telp 0341-597 440 | SMS dan WhatsApp 081 333 74 9797 | Facebook: Radio Mitra 97.0 FM | Twitter: @mitra97fm | Instagram: @radiomitra97fm | Alamat: Jalan Wukir no.4 Temas - Kec. Batu - Kota Wisata Batu - Malang - Jawa Timur - Indonesia | www.mitrafm.com |

Mitra Update
Home » Parenting » Anak » Menakar Kelembutan dalam Mendidik Anak

Menakar Kelembutan dalam Mendidik Anak

Menakar Kelembutan dalam Mendidik Anak

MitraFM.com – Menakar Kelembutan dalam Mendidik Anak. Baitul Maal Hidayatullah (BMH) Berau, menggelar seminar parenting pendidikan karakter dengan tema ‘Lembut Itu Ada Takarannya’, menghadirkan pembicara ustaz Muhammad Fauzil Adham yang merupakan pakar dan penulis buku best seller. Kegiatan berlangsung di Masjid Jabal Ponpes Al Ikhsan Hidayatullah Berau, Jalan P.Hidayatullah, Tanjung Redeb, Minggu (22/10).

Seminar tersebut dimulai pukul 08.30 hingga 11.00 Wita. Turut dihadiri, guru dan wali murid mayoritas sekolah naungan pesantren Hidayatullah dan yang sekolah di Al Ikhsan serta masyarakat umum.

Ketua Panitia, Muhammad Yusuf Arif, mengatakan sebagai tanggung jawab orangtua membekali anak-anaknya dengan ilmu dan pengetahuan sebagai pegangan hidup, baik bersifat ilmu keduniaan maupun ilmu yang berkaitan dengan akhirat.

Hal tersebut menjadi bagian untuk ikut serta menyamai generasi bangsa yang religius dan berpendidikan, salah satu wujudnya adalah dengan menggelar seminar.

“Dalam memberikan pemahaman serta meningkatkan wawasan orangtua dan guru bahwa begitu pentingnya ilmu mendidik, sebelum kita menjadi pendidik dan bahwa fondasi pendidikan harus dipersiapkan sejak dini yang dimulai dari pendidikan dalam keluarga sangat membutuhkan peran aktif kedua orangtua,” Muhammad Yusuf Arif kepada Berau Post.

Selanjutnya, kata dia, peran guru di sekolah adalah menggantikan peran orangtua. Agar mata rantai pendidikan tidak terputus tetapi terus bersambut dari lingkungan keluarga sampai ke sekolah.

Muhammad Fauzil Adham yang merupakan pakar dan penulis buku best seller yang telah menghasilkan sebanyak 28 buku ini, dalam seminar tersebut, menyampaikan terkait pendidikan karakter untuk anak dan berbagai contoh di kehidupan sehari-hari permasalahan yang kerap terjadi antara anak dan orangtua, bagaimana seharusnya untuk menyikapinya.

”Karena lembut itu lawannya bukan tegas tetapi kasar, keduanya perlu kita miliki dalam mendidik tidak bisa salah satunya saja, karena kita hidup di zaman kapan pun tetap sama tidak bisa kita mengatakan bahwa tantangan zamannya berbeda,” ujarnya.

Lanjut dia, jika menganggap zaman sepenuhnya berbeda, maka tidak ada satupun yang dapat dipakai dalam mendidik anak. “Tapi bila agama ini benar bahwa petunjuk Rasulullah Shallallahu Alaihi Wasallam benar, orangtualah yang tinggal menerapkannya karena orangtua merupakan pendidik utama untuk anak,”tutupnya. (berauprokal/bmh)

Info Layanan dan Donasi:
Baitul Maal Hidayatullah Pusat
Jl. H. Samali No. 79B Pejaten Barat, Pasar Minggu, Jakarta Selatan – 12510
021-791 96500
admin@bmh.or.id
www.bmh.or.id

Atau Hubungi Kantor Perwakilan BMH di Indonesia

Baca Juga

Aksi Cepat Bantu Pengungsi Gunung Agung

Aksi Cepat Bantu Pengungsi Gunung Agung

MitraFM.com – Aksi Cepat Bantu Pengungsi Gunung Agung. Baitul Maal Hidayatullah sebagai Laznas yang memiliki program sosial ...