RADIO MITRA 97.0 FM KOTA WISATA BATU | INSPIRASI KELUARGA ANDA | Interaktif | Telp 0341-597 440 | SMS dan WhatsApp 081 333 74 9797 | Facebook: Radio Mitra 97.0 FM | Twitter: @mitra97fm | Instagram: @radiomitra97fm | Alamat: Jalan Wukir no.4 Temas - Kec. Batu - Kota Wisata Batu - Malang - Jawa Timur - Indonesia | www.mitrafm.com |

Mitra Update
Home » Catatan Siar » Amalan Istimewa Pengokoh Jiwa

Amalan Istimewa Pengokoh Jiwa

MitraFM.com– Melakukan amalan secara kontinyu menjadi karakter seorang muslim. Amal-amal shalih akan membentuk karakter yang khas dan menjadi pembeda. Setiap muslim yang melakukan amalan istimewa akan menjadikan diri dan jiwanya kokoh

Berikut amalan-amalan istimewa seorang muslim yang mengokohkan jiwa, diantaranya:

  1. 1. Membaca al Quran

Membaca al Quran adalah amalan istimewa. Jiwa yang dialiri al Qur’an akan semakin kokoh. Iman juga kian kuat. Ketika hati bergetar dengan al Qur’an itu petanda iman ternaman kuat di jiwa.

Selain ini membaca al Qur’an akan mendapatkan pahala yang melimpah.

Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda: “Siapa yang membaca satu huruf dari Al Quran maka baginya satu kebaikan dengan bacaan tersebut, satu kebaikan dilipatkan menjadi sepuluh kebaikan semisalnya dan aku tidak mengatakan ‘Alif laam miim’ satu huruf akan tetapi Alif satu huruf, Laam satu huruf dan Miim satu huruf.” (HR. Tirmidzi)

  1. Istiqamah Shalat Sunnah

Jangan cukupkan diri dengan yang wajib-wajib saja. Kuatkan iman, perkokoh dengan amalan sunnah. Salah satunya sengan shalat sunnah rawatib yang akan menyempurnakan yang wajib dan ladang pahala bagi setiap muslim.

Karakter istimewa seorang muslim ada pada ibadah malam, shalat tahajjud. Pagi harinya tidak meninggalkan dhuha.

Rasulullah bersabda: “Tiap pagi ada kewajiban sedekah bagi tiap ruas tulang kalian, setiap tasbih adalah sedekah, setiap tahmid adalah sedekah, setiap takbir adalah sedekah, memerintahkan untuk melakukan kebaikan adalah sedekah, melarang dari kemungkaran adalah sedekah, dan semua itu dapat tercukupi dengan melakukan dua rakaat shalat dhuha.” (HR. Muslim)

  1. Istiqamah Dzikir

Kokohnya jiwa karena dzikir. Sungguh sejatinya banyak dzikir yang bisa diamalkan. Rangkaian dzikir setelah shalat, dzikir pagi petang dan dzkir-dzikir lainnya. Salah satunya membaca tasib tahlil dan tahmid.

Rasulullah bersabda: “Barangsiapa yang membaca ’subhanallahi wa bihahmdih’, sebanyak seratus kali sehari, akan diampuni dosa-dosanya meskipun sebanyak buih di lautan.” (HR. Al-Bukhari dan Muslim)

Saatnya perkokoh jiwa dan iman dengan amal-amal shalih. Wallahu a’lam

 

Baca Juga

Aksi Cepat Bantu Pengungsi Gunung Agung

Aksi Cepat Bantu Pengungsi Gunung Agung

MitraFM.com – Aksi Cepat Bantu Pengungsi Gunung Agung. Baitul Maal Hidayatullah sebagai Laznas yang memiliki program sosial ...