RADIO MITRA 97.0 FM KOTA WISATA BATU | INSPIRASI KELUARGA ANDA | Interaktif | Telp 0341-597 440 | SMS dan WhatsApp 081 333 74 9797 | Facebook: Radio Mitra 97.0 FM | Twitter: @mitra97fm | Instagram: @radiomitra97fm | Alamat: Jalan Wukir no.4 Temas - Kec. Batu - Kota Wisata Batu - Malang - Jawa Timur - Indonesia | www.mitrafm.com |

Mitra Update
Home » Catatan Siar » Biografi Singkat Mufassir

Biografi Singkat Mufassir

MitraFM.com– Sejatinya, ulama penulis tafsir al Qur’an begitu banyak. Setiap jaman selalu muncul ulama besar penulis tafsir al Qur’an. Bahkan di satu jaman terdapat beberapa ulama penulis tafsir terkemuka.

Berikut beberapa ulama penulis tafsir al Qur’an diantara sekian banyak ahli tafsir yang ada, diantaranya:

  1. Ibnu Jarir At-Thabari
    Nama lengkapnya, Abu Ja’far Muhammad bin Jarir At-Thabari. Lahir di Thabrastan pada tahun 224 H/839 M, dan wafat di Bagdad tahun 310 H/932 M.

Ibnu Jarir dikenal sebagai ahli tarikh terkemuka sekaligus ahli tafsir ternama. Beliau produktif menyusun kitab berbagai disiplin ilmu. Diantara yang terkenal adalah Tafsir Jami’ul Bayan.

  1. Al-Fakhrur Razi
    Nama lengkapnya, Abu Abdillah Muhammad bin Umar bin Al Husain Fakhrudin Ar-Razi. Lahir tahun 544 H/1210 M. Seorang ulama ahli tafsir yang sangat luas pengetahuannya dalam urusan ilmu umum dan syariat. Di masa hidupnya, kitab tafsirnya telah menjadi kajian umum.
  1. Az-Zamakhsyari
    Nama lengkapnya, Mahmud bin Umar bin Muhammad Al Khawarizmi Az Zamakhsyari. Lahir tahun 467 H/1075 M, dan wafat pada tahun 538 H/1143 M. Az Zamakhsyri merupakan seorang ahli tafsir yang sangat dalam ilmunya dalam bahasa, khususnya dalam urusan kesusastraan bahasa arab. Kitab yang beliau susun diantaranya Tafsir Al-Kasyaf, sebuah tafsir yang sangat perlu dipelajari oleh mereka yang hendak mengetahui kepelikan dan keindahan susunan bahasa al Qur’an.
  1. Al-Baidhawi
    Nama lengkapnya, Nashir bin Nashiruddin Abu Said Abdullah bin Umar. Meninggal pada tahun 685 H/1286 M. Seorang ahli tafsir yang sangat luas pengetahuannya. Sebagian susunannya ialah Anwarut Tanzil, yang terkenal dengan Tafsir Al-Baidhawi.
  1. Ibnul ‘Arabi
    Nama lengkapnya, Muhammad bin Abdillah bin Muhammad Al-Mu’arifi Al-Isbili Al-Maliki. Lahir pada tahun 486 H/1076 M, dan wafat tahun 543 H/1148 M. Seorang Gubernur yang termasuk penghapal hadis dan mencapai tingkatan mujtahid. Termasuk ulama yang produktif sehingga banyak susunannya dalam berbagai fan ilmu, diantaranya Ahkamul Quran dalam bidang tafsir.
  1. Ibnu Katsir
    Nama lengkapnya, Imaduddin Abul Fida Ismail bin Umar bin Katsir Al Qurasyi Ad Dimasqi. Lahir pada tahun 701 H/1302 M, Wafat Tahun 744 h/1373 M. seorang ahli hadis yang sangat terkemuka dalam urusan fiqih. Diantara kitab susunan yang sangat berharga dalam tafsir, adalah Tafsir Al Quranul Adhim atau yang terkenal dengan sebutan  tafsir Ibnu Katsir sebanyak 4 jilid.

Selain enam mufassir tersebut tentu masih banyak lagi ahli tafsir al Qur’an hingga jaman kita sekarang pun masih terdapat ulama besar di bidang tafsir. Wallahu a’lam

Baca Juga

Geliatkan Ekonomi Produktif Pesantren

Geliatkan Ekonomi Produktif Pesantren

MitraFM.com – Geliatkan Ekonomi Produktif Pesantren. Tantangan yang sangat kasat mata bagi umat Islam saat ini adalah ...