RADIO MITRA 97.0 FM KOTA WISATA BATU | INSPIRASI KELUARGA ANDA | Interaktif | Telp 0341-597 440 | SMS dan WhatsApp 081 333 74 9797 | Facebook: Radio Mitra 97.0 FM | Twitter: @mitra97fm | Instagram: @radiomitra97fm | Alamat: Jalan Wukir no.4 Temas - Kec. Batu - Kota Wisata Batu - Malang - Jawa Timur - Indonesia | www.mitrafm.com |

Mitra Update
Home » Catatan Siar » Kebiasaan Mulia Seorang Muslim

Kebiasaan Mulia Seorang Muslim

MitraFM.com– Seorang muslim adalah orang yang memiliki karakter kebaikan. Kebaikan-kebaikan itulah yang menunjukkan siapa dirinya sesungguhnya. Kebaikan tersebut berupa meliputi ketaatan kepada Rabb dan sesama manusia.

Berikut beberapa kebisaan mulia seorang muslim yang mencerminkan kemuliaan dirinya:

  1. Shalat Tepat Waktu

Dari Ibnu Mas’ud radhiyallahu ‘anhu, beliau berkata, Rasulullah bersabda, “Sebaik-baik amal adalah shalat di awal waktu.” (HR. Tirmidzi dan Hakim)

  1. Rajin Berdoa

Allah Ta’ala berfirman: “Berdo’alah kepadaKu, niscaya akan Kuperkenankan bagimu. Sesungguhnya orang-orang yang menyombongkan diri dari menyembah-Ku akan masuk Neraka Jahannam dalam keadaan hina dina”. (QS. Ghafir : 60)

Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, “Tidak ada sesuatu yang paling mulia di sisi Allah daripada doa.” (HR. At-Timidzi)

  1. Membaca al Qur’an

Rasulullah bersabda: “Bacalah oleh kalian Al-Qur`an. Karena ia (Al-Qur`an) akan datang pada Hari Kiamat kelak sebagai pemberi syafa’at bagi orang-orang yang rajin membacanya.” (HR. Muslim)

  1. Senyum dan Wajah Berseri-seri

Rasulullah bersabda: “Senyum kalian bagi saudaranya adalah sedekah” (HR Tirmizi)

Beliau juga bersabda, “Jangan meremehkan sedikit pun dari amal kebaikan, meski hanya sekadar bertemu saudaramu dengan wajah yang berseri-seri.” (HR. Muslim)

  1. Meringankan Beban

Rasulullah shallahu ‘alaihi wa sallam bersabda: “Barang siapa yang melepaskan satu kesusahan seorang mukmin, pasti Allah akan melepaskan darinya satu kesusahan pada hari kiamat. Barang siapa yang menjadikan mudah urusan orang lain, pasti Allah akan memudahkannya di dunia dan di akhirat. Barang siapa yang menutupi aib seorang muslim, pasti Allah akan menutupi aibnya di dunia dan di akhirat. Allah senantiasa menolong hamba Nya selama hamba Nya itu suka menolong saudaranya.” (HR. Muslim)

Sesungguhnya masih begitu banyak kebaikan yang harus menjadi karakter kita sebagai seorang muslim, misalnya senantiasa menuntut ilmu dll. Semoga yang sedikit ini bisa kita amalkan. Aamiin. Wallahu a’lam

 

 

 

Baca Juga

Geliatkan Ekonomi Produktif Pesantren

Geliatkan Ekonomi Produktif Pesantren

MitraFM.com – Geliatkan Ekonomi Produktif Pesantren. Tantangan yang sangat kasat mata bagi umat Islam saat ini adalah ...