RADIO MITRA 97.0 FM KOTA WISATA BATU | INSPIRASI KELUARGA ANDA | Interaktif | Telp 0341-597 440 | SMS dan WhatsApp 081 333 74 9797 | Facebook: Radio Mitra 97.0 FM | Twitter: @mitra97fm | Instagram: @radiomitra97fm | Alamat: Jalan Wukir no.4 Temas - Kec. Batu - Kota Wisata Batu - Malang - Jawa Timur - Indonesia | www.mitrafm.com |

Mitra Update
Home » Headline » Mengenal Kelemahan Manusia

Mengenal Kelemahan Manusia

MitraFM.com– Manusia mempunyai banyak kekurangan. Itulah sifat manusia sejati. Realiatas kemanusiaannya telah digambarkan di dalam al Qur’an.

Berikut beberapa sifat kelemahan dan kekurangan manusia yang digambarkan al Qur’an :

  1. Manusia Mudah Terpedaya

Manusia mudah terpedaya. Banyak manusia terpedaya oleh indahnya dunia sehingga lupa, durhaka dan berpaling dari Allah Rabb yang menciptanya.Allah Subhanahu wa Ta’ala berfirman: “Hai manusia apakah yang telah memperdayakan kamu (berbuat durhaka) terhadap Tuhaanmu yang Maha Pemurah.” ( QS. al Infithar : 6)

  1. Manusia Gampang Lalai

Indah dan pesona dunia menjadikan manusi lalai. Lalai dari kewajiban mengabdi kepada Allah Rabb Semesta Alam.  Allah ‘Azza wa Jalla berfirman: “Bermegaah-megahan telah melalaikan kamu.” (QS. at Takatsur : 1)

  1. Manusia Mudah Takut dan Khawatir

Perasaan manusia dihiasi cintaan. Atas yang dicintai itulah manusia takut dan khawatir jika ditinggalkan.

Allah ‘Azza wa Jalla berfirman: “Dan sungguh akan Kami berikan cobaan kepadamu, dengan sedikit ketakutan, kekurangan harta, jiwa dan buah-buahan. Dan berikanlah kabar gembira kepada orang-orang yang sabar.” (SQ. al Baqarah : 155)

  1. Manusia Mudah Bersedih Hati

Bersedih hati melemahkan diri. Hanya orang-orang yang beriman yang bebas dari tabiat ini.

Allah Ta’ala berfirman: “Sesungguhnya orang-orang mukmin orang-orang Yahudi, orang-orang Nasrani dan orang-orang Shabiin, siapa saja diantara mereka yang benar-benar beriman kepada Allah, hari kemudian dan beramal shalih, maka akan menerima pahala dari Tuhan mereka, tidak ada kekhawatiran kepada mereka, dan tidak (pula) mereka bersedih hati.” (QS. al Baqarah : 62)

  1. Manusia Melampaui Batas

Allah Ta’ala berfirman: “Dan apabila manusia ditimpa bahaya dia berdoa kepada Kami dalam keadaan berbaring, duduk atau berdiri, tetapi setelah Kami hilangkan bahaya itu darinya, dia (kembali) melalui jalannya yang sesat, seolah-olah dia tidak pernah berdoa kepada Kami untuk (menghilangkan) bahaya yang telah menimpanya. Begitulah orang-orang yang melampaui batas itu memandang baik apa yang selalu mereka kerjakan.” (Qs. Yunus : 12)

Itulah kelemahan dan kekurangan manusia yang karenanya dia butuh tempat bergantung. Wallahu a’lam

 

Baca Juga

Geliatkan Ekonomi Produktif Pesantren

Geliatkan Ekonomi Produktif Pesantren

MitraFM.com – Geliatkan Ekonomi Produktif Pesantren. Tantangan yang sangat kasat mata bagi umat Islam saat ini adalah ...